JASA KIRIM MOBIL BANJARMASIN DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL BANJARMASIN DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL BANJARMASIN – Kota Banjarmasin adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota Banjarmasin yang dijuluki Kota Seribu Sungai ini memiliki wilayah seluas 98,46 km² yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil (delta) yang dipisahkan oleh sungai-sungai di antaranya Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan dan lain-lain.[3] Berdasarkan data BPS Kota Banjarmasin tahun 2018, Kota Banjarmasin memiliki penduduk sebanyak 692.793 jiwa dengan kepadatan 7.036,28 jiwa per km².[4][5] Wilayah metropolitan Banjarmasin yaitu Banjar Bakula memiliki penduduk sekitar 1,9 juta jiwa.

Kota Banjarmasin sebelum tahun 1526 adalah nama kampung yang terletak di bagian utara muara Sungai Kuin, yaitu kawasan Kelurahan Kuin Utara dan Alalak Selatan saat ini. Kampung Bandar Masih terbentuk oleh lima aliran sungai kecil, yaitu Sungai Sipandai, Sungai Sigaling, Sungai Keramat, Sungai Jagabaya dan Sungai Pangeran yang semuanya bertemu membentuk sebuah danau. Kata Banjar berasal dari Bqahasa Melayu yang berarti kampung atau juga berarti berderet-deret sebagai letak perumahan kampung berderet sepanjang tepian sungai.[6]

Pada abad ke-16, muncul Kerajaan Banjar Masih dengan raja pertama Raden Samudera, seorang pelarian yang terancam keselamatannya oleh pamannya Pangeran Tumenggung yang menjadi raja Kerajaan Negara Daha sebuah kerajaan Hindu di pedalaman (Hulu Sungai). Kebencian Pangeran Tumenggung terjadi ketika Maharaja Sukarama masih hidup berwasiat agar cucunya Raden Samudera yang kelak menggantikannya sebagai raja. Raden Samudera sendiri adalah putra dari pasangan Puteri Galuh Intan Sari (anak perempuan Maharaja Sukarama) dan Raden Bangawan (keponakan Maharaja Sukarama). Atas bantuan Arya Taranggana, mangkubumi negara Daha, Raden Samudera melarikan diri ke arah hilir sungai Barito yang kala itu terdapat beberapa kampung di antaranya kampung Banjar (disebut juga Banjar Masih).

Sekitar tahun 1520, Patih Masih (kepala Kampung Banjar) dan para patih (kepala kampung) sekitarnya sepakat menjemput Raden Samudera yang bersembunyi di kampung Belandean dan setelah berhasil merebut Bandar Muara Bahan di daerah Bakumpai, yaitu bandar perdagangan negara Daha dan memindahkan pusat perdagangan ke pelabuhan Bandar (dekat muara sungai Kelayan) beserta para penduduk dan pedagang, kemudian menobatkan Raden Samudera menjadi raja dengan gelar Pangeran Samudera. Hal ini menyebabkan peperangan dan terjadi penarikan garis demarkasi dan blokade ekonomi dari pantai terhadap pedalaman. Pangeran Samudera mencari bantuan militer ke berbagai wilayah pesisir Kalimantan, yaitu Kintap, Satui, Swarangan, Asam Asam, Laut Pulo, Pamukan, Pasir, Kutai, Berau, Karasikan, Biaju, Sebangau, Mendawai, Sampit, Pembuang, Kota Waringin, Sukadana, Lawai dan Sambas. Hal ini untuk menghadapi Kerajaan Negara Daha yang secara militer lebih kuat dan penduduknya kala itu lebih padat. Bantuan yang lebih penting adalah bantuan militer dari Kesultanan Demak yang hanya diberikan kalau raja dan penduduk memeluk Islam. Kesultanan Demak dan majelis ulama Walisanga kala itu sedang mempersiapkan aliansi strategis untuk menghadapi kekuatan kolonial Portugis yang memasuki kepulauan Nusantara dan sudah menguasai Kesultanan Malaka.

Sultan Trenggono mengirim seribu pasukan dan seorang penghulu Islam, yaitu Khatib Dayan yang akan mengislamkan raja Banjar Masih dan rakyatnya. Pasukan Pangeran Samudera berhasil menembus pertahanan musuh. Mangkubumi Arya Taranggana menyarankan rajanya daripada rakyat kedua belah pihak banyak yang menjadi korban, lebih baik kemenangan dipercepat dengan perang tanding antara kedua raja. Tetapi pada akhirnya Pangeran Tumenggung akhirnya bersedia menyerahkan kekuasaan kepada Pangeran Samudera.

Dengan kemenangan Pangeran Samudera dan diangkutnya rakyat negara Daha (orang Hulu Sungai) dan penduduk Bandar Muara Bahan (orang Bakumpai) maka muncullah kota baru, yaitu Banjar Masih yang sebelumnya hanya sebuah desa yang berpenduduk sedikit. Pada 24 September 1526 bertepatan tanggal 6 Zulhijjah 932 H, Pangeran Samudera memeluk Islam dan bergelar Sultan Suriansyah (1526-1550). Rumah Patih Masih dijadikan keraton, juga dibangun paseban, pagungan, sitilohor (sitihinggil), benteng, pasar dan masjid (Masjid Sultan Suriansyah). Muara sungai Kuin ditutupi cerucuk (trucuk) dari pohon ilayung untuk melindungi keraton dari serangan musuh. Di dekat muara sungai Kuin terdapat rumah syahbandar, yaitu Goja Babouw Ratna Diraja seorang Gujarat.[7]

Kerajaan Banjar Masih berkembang pesat, Sultan Suriansyah digantikan anaknya Sultan Rahmatullah 1550-1570, selanjutnya Sultan Hidayatullah 1570-1620 dan Sultan Musta’in Billah 1520-1620. Kota-kota yang terkenal di pulau Kalimantan pada awal abad ke-18 adalah Borneo (Brunei City), Ноrmata (Karimata), Marudo, Bendamarfin (Banjarmasin), dan Lava (Lawai). Untuk memperkuat pertahanan terhadap musuh, Sultan Mustainbillah mengundang Sorang, yaitu panglima perang suku Dayak Ngaju beserta sepuluh orang lainnya untuk tinggal di keraton. Seorang masuk Islam dan menikah dengan adik sultan, kemungkinan dia adik dari isteri Sultan, yaitu Nyai Siti Diang Lawai yang berasal dari kalangan suku Biaju (Dayak Ngaju). Tahun 1596, Belanda merampas 2 jung lada dari Banjarmasin yang berdagang di Kesultanan Banten. Hal ini dibalas ketika ekspedisi Belanda yang dipimpin Koopman Gillis Michaelszoon tiba di Banjarmasin tanggal 7 Juli 1607.

Pada tahun 1612, armada Belanda tiba di Banjar Masih (Banjar Lama) untuk membalas atas ekspedisi tahun 1607. Armada ini menyerang Banjar Masih dari arah pulau Kembang dan menembaki keraton di sungai Kuin pusat pemerintahan Kesultanan Banjar sehingga kota Banjar (kini Banjar Lama) atau kampung Keraton dan sekitarnya hancur, sehingga ibu kota kerajaan dipindahkan dari Banjar Masih ke Martapura. Walaupun ibu kota kerajaan telah dipindahkan tetapi aktivitas perdagangan di pelabuhan Banjarmasin (kota Tatas) tetap ramai. Menurut berita dinasti Ming tahun 1618 menyebutkan bahwa terdapat rumah-rumah di atas air yang dikenal sebagai rumah Lanting (rumah rakit) hampir sama dengan apa yang dikatakan Valentijn. Di Banjarmasin (kota Tatas) banyak sekali rumah dan sebagian besar mempunyai dinding terbuat dari bambu (bahasa Banjar: pelupuh) dan sebagian dari kayu. Rumah-rumah itu besar sekali, dapat memuat 100 orang, yang terbagi atas kamar-kamar. Rumah besar ini dihuni oleh satu keluarga dan berdiri di atas tiang yang tinggi. Menurut Willy, kota Tatas (kini Banjarmasin Tengah di sungai Martapura) terdiri dari 300 buah rumah. Bentuk rumah hampir bersamaan dan antara rumah satu dengan lainnya yang dihubungkan dengan titian. Alat angkutan utama pada masa itu adalah jukung atau perahu.

Selain rumah-rumah panjang di pinggir sungai terdapat lagi rumah-rumah rakit yang diikat dengan tali rotan pada pohon besar di sepanjang tepi sungai. Kota Tatas (kini Banjarmasin) merupakan sebuah wilayah yang dikelilingi sungai Barito, sungai Kuin dan Sungai Martapura seolah-olah membentuk sebuah pulau sehingga dinamakan pulau Tatas. Di utara Pulau Tatas adalah Banjar Lama (Kuin) bekas ibu kota pertama Kesultanan Banjar, wilayah ini tetap menjadi wilayah Kesultanan Banjar hingga digabung ke dalam Hindia Belanda tahun 1860. Sedangkan pulau Tatas dengan Benteng Tatas (Fort Tatas) menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda yang sekarang menjadi pusat kota Banjarmasin saat ini. Nama Banjarmasih, oleh Belanda lama kelamaan diubah menjadi Banjarmasin, namun nama Banjarmasin biasanya mengaju kepada kota Tatas di sungai Martapura, sedangkan nama Banjar Masih mengacu kepada Banjar Lama di sungai Kuin. Kota Banjarmasin modern merupakan aglomerasi pulau Tatas (kota Tatas), Kuin (Banjar Lama) dan daerah sekitarnya.

Jasa Kirim Mobil – Kami adalah perusahaan pengiriman mobil ke seluruh Pulau di Indonesia, Sudah berpengalaman kurang lebih selama 10 Tahun lebih dan di dukung oleh tenaga profesional di bidangnyamm dengan armada Mobil Towing 10 mobil dan Car Carrier 3 Mobil serta para driver yang sudah berpengalaman dalam mengirim mobil ke seluruh Indonesia.

Jasa Kirim Mobil
Jasa Kirim Mobil

Di Dunia pengiriman Mobil siapa yang tidak kenal dengan PT. Multi Andalan Sejahtera dengan reputasi nya yang gemilang kami menjadi rekan kerja puluhan perusahaan otomotif , Show Room dan pabrikasi mobil dalam menggunakan Jasa Kirim Mobil kami.

Sehabis tadinya, kami sempat memberikan panduan tentang persiapan saat sebelum kirim mobil ke luar kota serta antar pulau. Kali ini, kami hendak memberikan panduan tentang gimana metode memilah serta memakai jasa ekspedisi kirim mobil. Tidak hanya tujuannya buat memperoleh yang murah, panduan ini pula bermanfaat buat mencari ekspedisi yang nyaman serta terpercaya.

Cara Kirim Mobil Biar Aman
Cara Kirim Mobil Biar Aman

1. Cek jangkauan pengiriman ekspedisi

Tiap ekspedisi mempunyai kapasitas jangkauan pengiriman yang berbeda- beda. Bila Kamu mau berencana kirim mobil ke luar pulau, hingga hendaknya pakai ekspedisi kirim mobil yang sediakan layanan pengiriman lebih luas, misalnya pengiriman mobil dari Jawa ke Kalimantan, Sulawesi, ataupun ke Sumatera.

Pengecekan jangkauan pengiriman pula bermanfaat buat mengecek SOP apa yang digunakan oleh mereka buat melayani pengiriman mobil.

2. Didukung sarana serta fasilitas yang memadai

Sarana penunjang kebutuhan jasa pengiriman mobil bisa berbentuk fitur tracking buat melacak status pengiriman memakai no resi, fitur cek tarif buat mengenali bayaran pengiriman mobil dari serta ke tempat tujuan konsumen.

Walaupun sarana ini tidak harus terdapat pada beberap ekspedisi tetapi bila Kamu memilah mereka yang mempunyai sarana semacam ini hendak lebih tenang serta aman.

Tidak hanya sarana di atas, sarana lain yang bisa jadi opsi merupakan packing mobil, asuransi, serta tenaga pakar bongkar memuat mobil.

3. Seleksi tipe transportasi yang tepat

Umumnya, terdapat 4 tipe tranportasi pengiriman mobil, ialah car carrier, towing, self- driver, serta kontainer.

Car carrier merupakan layanan Kirim Mobil Murah dengan keadaan mobil dikumpulkan jadi satu di dalam truk berdimensi besar. Towing merupakan pengiriman mobil memakai satu truk, umumnya truk engkel ataupun truk cdd, tetapi mobil tidak dicampur dengan kepunyaan orang lain. Kontainer merupakan pengiriman mobil yang ditaruh dalam peti kemas( kontainer), umumnya kirim mobil gunakan kontainer dikhususkan buat mereka yang kirim ke luar pulau ataupun antar provinsi.

4. Seleksi layanan dengan bayaran setimpal budget

Pakai jasa pengiriman port to port bila mau memperoleh bayaran yang lebih murah, serta pakai jasa pengiriman door to door bila mau memperoleh layanan pengiriman yang tidak ribet.

Port to port merupakan layanan pengiriman dari pelabuhan ke pelabuhan. Sebaliknya door to door merupakan layanan pengiriman dari tempat konsumen ke tempat tujuan kemauan konsumen.

5. Perhatikan agenda kirim mobil

Pada hari- hari tertentu, ekspedisi kirim mobil hendak memperoleh jumlah konsumen yang sangat kelewatan( overload), semacam pada hari lebaran, natal, akhir tahun atatu hari besar serta perayaan yang lain. Sangat direkomendasikan buat menjauhi hari- hari semacam itu. Sebab, dengan terdapatnya overload shipping, dikhawatirkan ekspedisi hendak memesatkan proses pengiriman tanpa mencermati mutu layanan.

6. Dampingi petugas ekspedisi

Pada dikala mengajukan proses pengiriman mobil, sangat diajarkan buat mendampingi tenaga pakar yang bertugas pada tiap perinci, semacam packing mobil, bongkar memuat mobil serta pengirimannya.

Mendampingi petugas yang mengirim mobil bisa dicoba dengan memakai no resi buat melacak status keberadaan mobil yang dikirm seara real time.

7. Pakai asuransi pengiriman mobil yang terpercaya

Metode kirim mobil nyaman yang lain merupakan dengan memakai jasa asuransi yang terpercaya, dari ABB, maupun asuransi yang lain. Ekspedisi yang telah berkolaborasi dengan mereka hendak menawarkan Harga Kirim Mobil yang lebih murah kepada Kamu.

8. Cocokan informasi pada pesan jalur pengiriman mobil

Upayakan tiap perinci pada pesan jalur pengiriman mobil terisi setimpal dengan kesepatakan serta keadaan mobil yang hendak Kamu kirim.

9. Seleksi ekspedisi kirim mobil dengan reputasi bagus

Panduan Dikala Menerima Kiriman Mobil
Panduan Dikala Menerima Kiriman Mobil

Kamu bisa memandang mana saja ekspedisi yang mempunyai reputasi bagus serta kurang baik. Reputasi tersebut berbentuk bintang yang tersisipkan di samping nama vendor ekspedisi.

Dimana dapat mencari Ekspedisi Kirim Mobil yang mempunyai layanan setimpal dengan panduan di atas? Jawabannya ada di Website ini

Tadinya, kita telah mengerti betul tentang persiapan serta metode memilah ekspedisi kirim mobil yang murah serta bagus. Saat ini, gimana triknya dikala menerima mobil kiriman?

Pasti perihal ini pula butuh dicermati oleh pelakon pengirim serta penerima mobil. Alasannya, tidak seluruh mobil kiriman sukses dikirim ke tempat tujuan tanpa terdapat kehancuran serta baret.

Berikut merupakan panduan dikala mengalami ekspedisi pengiriman mobil yang mengetuk pintu rumah Kamu.

1. Mintalah dokumentasi mobil yang dikirim

Tadinya, yakinkan terlebih dulu pengirim mobil sudah mempunyai dokumentasi mobil dalam wujud gambar serta checklist( pesan jalur) yang sudah disepakati oleh pihak pengirim serta ekspedisi.

Memakai dokumentasi ini, Kamu bisa melaksanakan pengecekan terhadap segala body, baik bidang dalamnya maupun bidang luar.

2. Klaim asuransi bila terdapat kerusakan

Inilah alibi mengapa kita senantiasa menyarankan kepada Kamu biar memakai jasa asuransi yang terpercaya dikala melaksanakan pengiriman mobil. Tujuannya merupakan buat membuat klaim kehancuran kiriman mobil dengan lebih gampang.

Mintalah kabar kegiatan pada ekspedisi bila memanglah terdapat baret serta kehancuran pada mobil. Mintalah dengan perinci.

3. Luangkan waktu buat mengambil serta menerima mobil

Upayakan waktu yang telah Kamu tentukan buat menerima mobil betul- betul dimanfaatkan, serta jangan amanahkan peluang ini pada orang lain, tercantum satpam Kamu.

Ini merupakan waktu Kamu buat mengecek segala kerusakaan yang mungkin terdapat serta langsung sampaikan pada pihak ekspedisi serta pengirim.

Paling utama bila layanan yang digunakan merupakan jasa pengiriman port to port, hingga Kamu wajib mengambilnya di pelabuhan ataupun halte terdekat dari kota Kamu.

Telah siap buat Kirim Mobil ?

Beri ketahui owner mobilnya tentang kami, bagaikan jasa pengiriman mobil murah serta bagus di Indonesia. Dapatkah layanan dari tenaga pakar professional

Mengapa Kamu mau kirim mobil hingga ke luar kota, apalagi antar pulau? Kamu telah pindah rumah ataupun memperoleh pekerjaan di kota baru, serta mau memakai mobilnya disitu?

Wajib nyaman dong dikala mobilnya dikirim?

Ekspedisi pengiriman mobil murah serta aman

Apa saja persiapan serta panduan saat sebelum mengirim mobil ke luar kota serta antar pulau? Ikuti seluruh pada postingan di dasar ini.

1. Amankan benda yang terdapat di dalam mobil

Siapkan pulpen, kertas serta camera( dapat gunakan hp) buat mencatat segala keadaan benda yang terdapat di dalam mobil, semacam audio, tablet, pendingin, speedometer, jok mobil, setir, pedal maupun yang yang lain. Apabila butuh, keluarkan seluruh benda serta harta individu yang terdapat di dalam mobil, umumnya semacam laptop, pakaian, perhiasan, duit serta yang lain.

2. Mencuci mobil hingga bersih

Mobil ingin dikirim kok wajib dicuci? Tujuannya merupakan buat membenarkan segala body mobil ataupun bidang luar mobil nampak mana yang baret serta mana yang lembut.

3. Dokumentasikan eskterior mobil dalam wujud foto

Sehabis mobil dicuci hingga bersih, langkah berikutnya merupakan mendokumentasikannya dalam wujud gambar. Yakinkan tidak terdapat bagian bidang luar yang terlampaui. Tujuannya merupakan buat membenarkan sehabis mobil dikirim ke tempat tujuan, tidak terdapat kehancuran bonus yang lain.

4. Cek keadaan segala mesin

Mobil Kamu hendak menempuh ekspedisi yang jauh, apalagi sangat jauh. Yakinkan keadaan mesin dalam kondisi baik, mulai dari karburator sampai mesin- mesin berarti yang lain. Jangan hingga mobil mogok di tengah ekspedisi.

5. Sesuaikan alarm mobil( Hidup/ Mati)

Bila Kamu mau kirim mobil memakai ekspedisi serta layanan tidak hanya self driver, hingga hendaknya alarm dinon- aktifkan. Sebab, tidak seluruh supir/ pengemudi truk pengirim mobil ketahui gimana triknya buat mematikan alarm mobil bagus Kamu.

6. Lepas komponen bidang luar buat menjauhi kehancuran serta lecet

Ingin gunakan Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau ? Hendaknya lepas terlebih dulu komponen mobil yang dapat dilepas pada bagian bidang luarnya, semacam spoiler, spion serta yang yang lain. Buat jaga- jaga, khawatir terdapat yang baret dikala mobil dikirim.

7. Salin berkas serta dokumen mobil

Bila Kamu mau memakai ekspedisi pengiriman mobil, hingga Kamu diharuskan buat menyerahkan berkas STNK ataupun BPKB mobil yang asli. Lekas salin dokumen tersebut saat sebelum dokumen yang asli diserahkan.

8. Cek seluruh cairan mobil

Iktikad dari cairan mobil merupakan seluruh tentang keadaan yang menampung bahan bakar, semacam aki serta bensin. Saat sebelum melaksanakan pengiriman mobil, keduanya wajib dalam kondisi tidak goyang serta tidak bocor.

9. Isilah bahan bakar secukupnya

Bila mau memakai jasa self driver, hingga isilah bahan bakar hingga penuh. Tetapi, bila mau kirim mobil gunakan towing serta car carrier, isilah bahan bakar seperlunya saja– jangan sangat penuh serta jangan sangat kosong. Jika penuh, khawatir meledak serta dibakar.

Kota Jasa Kirim Mobil Yang Kami Support

ACEH , ASAHAN , AEK KANOPAN , AMBON , AMUNTAI , ANYER , ATAMBUA , BIREUN , BAGAN SIAPI API , BENGKALIS , BATAM , BAGAN BATU , BATU RAJA , BATU SANGKAR , BUKIT TINGGI , BALIGE , BINJAI , BRASTAGI , BENGKULU , BANDAR LAMPUNG , BANGKA , BELITUNG , BANDAR JAYA , BATANG HARI , BALARAJA , BOJONEGARA , BANJARNEGARA , BANYUMAS , BATANG , BLORA , BOYOLALI , BREBES , BANTUL , BANDUNG , BANJAR , BANJARAN , BEKASI , BOGOR , BANGKALAN , BANYUWANGI , BLITAR , BOJONEGORO , BONDOWOSO , BALI , BIMA , BIAK , BALANGAN , BANJARMASIN , BANJARBARU , BARABAI , BATU LICIN , BULUNGAN , BUNTOK , BALIKPAPAN , BERAU , BONTANG , BAU BAU , BITUNG , BANTANG , BERAW , BULUKUMBA , BONE , CURUP , CILEGON , CIUJUNG , CILACAP , CIAMIS , CIANJUR , CIAWI , CIBADAK , CIBINONG , CIBITUNG , CIKAMPEK , CIKARANG , CILEUNYI , CIMAHI , CIPANAS , CIREBON , DUMAI , DURI , DAIRI , DELI SERDANG , DEMAK , DEPOK , ENDE , ENREKANG , FLORES , GUNUNG SITOLI , GROBOGAN , GARUT , GRESIK , GORONTALO , GOWA , GERUNG , INDRAMAYU , JAMBI , JEPARA , JEMBER , JOMBANG , JAYAPURA , JENEPONCO , KUTACANE , KAMPAR , KARIMUN , KEP. MERANTI , KUANTAN SINGINGI , KABAN JAE , KALIANDA , KOTA BUMI , KUARA TUNGGAL , KARANG ANYAR , KEBUMEN , KENDAL , KLATEN , KUDUS , KARAWANG , KUNINGAN , KEDIRI , KUPANG , KETAPANG , KANDANGAN , KOTA BARU , KASONGAN , KUALA KAPUAS , KUALA KURUN , KUALA PAMBUANG , KENDARI , KOLAKA , LHOKSEUMAWE , LHOKSUKUN , LAHAT , LUBUK LINGGAU , LUBUK PASUNG , LUBUK SIKAPING , LANGKAT , LUBUK PAKAM , LAMPUNG , LANGSA , LEBAK , LASEM , LAMONGAN , LUMAJANG , LAMANDAU , LUWUK , MEULABOH , MUARA ENIM , MEDAN , MUKO MUKO , METRO , MUARA BUNGO , MERAK , MAGELANG , MAJALAYA , MAJALENGKA , MADIUN , MAGETAN , MALANG , MOJOKERTO , MATARAM , MAUMERE , MANOKWARI , MARABAHAN , MARTAPURA , MALINAU , MUARA TEWEH , MALAK , MUARA KAMAN , MAJENE , MAMUJU , MANADO , MAKALE , MAKASSAR , MASAMBA , MALILI , MAROS , NGANJUK , NGAWI , NABIRE , NUNUKAN , OGAN ILIR , PASIR PANGALIRAN , PEKANBARU , PELALAWAN , PAGAR ALAM , PALEMBANG , PANGKALAN BALAI , PRABU MULIN , PADANG , PADANG PANJANG , PADANG PARIAMAN , PAINAN , PARIAMAN , PAYA KUMBUH , PADANG SIDEMPUAN , PEMATANG SIANTAR , PANGKAL PINANG , PRING SEWU , PANDEGLANG , RANGKAS BITUNG , PATI , PEKALONGAN , PEMALANG , PURBALINGGA , PURWODADI , PURWOKERTO , PURWOREJO , PADALARANG , PEMANUKAN , PANGANDARAN , PELABUHAN RATU , PUNCAK , PURWAKARTA , PACITAN , PEMEKASAN , PASURUAN , PONOROGO , PROBOLINGGO , PRAYA , PONTIANAK , PUTU SIBAU , PARINGIN , PALANGKARAYA , PANGKALAN BUN , PULANG PISAU , PURUK CAHU , PANAJAM , PASER , POLEWALI , PALU , POSO , PALOPO , PANGKA JENE , PARE PARE , PINRANG , RENGAT , RATAU PRAPAT , REMBANG , RANCAEKEK , RANTAU , RAHA , SABANG , SIGLI , SINGKIL , SIAK , SEKAYU , SAWAH LUNTO , SIJUNJUNG , SIMPANG EMPAT , SOLOK , SIBOLGA , SIDIKALANG , SUNGAI LIAT , SUNGAI PELUH , SURO LANGUN , SUNGAI LILIN , SERANG , SERPONG , SALATIGA , SEMARANG , SLAWI , SOLO , SRAGEN , SUKOHARJO , SLEMAN , SINGAPARNA , SOREANG , SUBANG , SUKABUMI , SUMEDANG , SAMPANG , SIDOARJO , SITUBONDO , SUMENEP , SURABAYA , SELONG , SUMBAWA , SUMBA , SORONG , SERUI , SANGGAU , SINGKAWANG , SINTANG , SAMPIT , SUKAMARA , SAMARINDA , SANGGATA , SANGA SANGA , SINJAI , SUNGGU MINASA , SELAYAR , TAKENGAN , TAPAKTUAN , TAN. BALAI KARIMUN , TANJUNG PINANG , TEBING TINGGI , TAN.BALAI ASAHAN , TAPANULI UTARA , TARUTUNG , TEBING TINGGI (su) , TANJUNG PANDAN , TULANG BAWANG , TANGERANG , TEGAL , TEMANGGUNG , TASIKMALAYA , TRENGGALEK , TUBAN , TULUNGAGUNG , TANJUNG , TAMBOLAKA , TIMIKA , TERNATE , TABALONG , TANJUNG , TANJUNG SELOR , TARAKAN , TAMIANG LAYANG , TANJUNG REDEP , TENGGARONG , TANAH GROGOT , TAHUNA , TAKALAR , UJUNG BERUNG , WONOGIRI , WONOSOBO , WONOSARI , WATES , WARU , WAIKABUBAK , WAINGAPU , WAHAU , WAU WAU , WAJO , WATANG PONE , WATAN SOPPEN , YOGYAKARTA ,

Sumber Google

Share this post


Open chat
Hello
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by