JASA KIRIM MOBIL SUKABUMI DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL SUKABUMI DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL SUKABUMI – Kota Sukabumi adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini merupakan salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat

Kota Sukabumi merupakan suatu wilayah di Jawa Barat yang mengalami perkembangan pesat dibandingkan daerah lainnya. Pada awalnya Sukabumi adalah pemukiman penduduk bagian dari wilayah pemerintahan District Goenoeng Parang, Onderafdeeling Tjiheulang yang merupakan bagian dari Afdeeling Tjiandjoer, Residentie Preanger (Regeerings Almanaks tahun 1872). Dalam catatan arsip Hindia Belanda, nama sukabumi pertama kali digunakan oleh Andries Christoffel Johannes de Wilde, seorang ahli bedah dan administratur perkebunan kopi dan teh yang berkebangsaan belanda, beliau yang mengenal kan sukabumi ke dunia luar. Sukabumi yang berawal dari sebuah distrik berkembang menjadi gemeente (Kotapraja). Perkembangan ini mungkin terjadi dikarenakan letak wilayah Sukabumi yang strategis terutama setelah dibangun jalan raya pos oleh Daendels. Keberadaan perkebunan teh yang berada di Sukabumi menjadi faktor penarik penduduk di sekitar untuk datang ke Sukabumi. Mereka datang mengadu nasib untuk meningkatkan taraf hidupnya. Akhirnya Sukabumi tumbuh menjadi pusat perekonomian. Penduduk yang berada di Sukabumi dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar lokal. Barang – barang tersebut di hasilkan oleh penduduk di pedalaman dan akan di perjual belikan di pasar. Wilayah Sukabumi akhirnya tumbuh dengan sistem hukum dan berkembang ke arah kosmopolitan seperti yang di kemukakan Weber. Kondisi ini menjadikan pertimbangan Pemerintahan Hindia Belanda untuk membangun lintasan jalan kereta api yang menghubungkan Batavia dengan Sukabumi. Jalur kereta api tersebut memberikan banyak keuntungan bagi perkebunan teh yang memelukan transportasi yang murah dan cepat untuk menjual hasil perkebunan ke parbik ataupun kota. Dengan lintasan jalan kereta api ini kehidupan sosial ekonomi masyarakat semakin berkembang. Pemerintah Hindia Belanda juga membangun sejumlah irigasi untuk mengairi kegiatan pertanian di wilayah Sukabumi. Tidak kurang dari tujuh belas tang air melintas di atas jalan raya yang menghubungkan Bogor dengan Cianjur melalui Sukabumi. Bangsa Eropa berlomba lomba datang ke Sukabumi untuk berinventasi, hal itu di sebabkan karena banyaknya hal menarik yang dapat di kembangkan. Kehadiran dan komposisi penduduk Eropa membawa dampak besar dalam perubahan Sukabumi menjadi sebuah gemeente (kotapraja). Kebijakan desentralisasi dan perubahan pemerintahannegeri (bestuurshervorming) memberi ruang bagi mereka untuk menjadikan Sukabumi sebagai daerah otonom.[3]
Pembukaan Perkebunan
Sejarah Kota dan Kabupaten Sukabumi bermula dari pembukaan lahan perkebunan kopi di wilayah Priangan barat di masa pemerintahan kolonial VOC.[4][5] Karena besarnya permintaan akan komoditas kopi di Eropa, pada tahun 1709 Gubernur Jenderal Abraham van Riebeeck mulai membuka perkebunan kopi di daerah Tjibalagoeng (Bogor), Tjiandjoer, Djogdjogan, Pondok Kopo, dan Goenoeng Goeroeh.[6] Perkebunan kopi di kelima daerah ini lalu mengalami perluasan dan peningkatan di era pemerintahan Gubernur Jenderal Hendrick Zwaardecroon (1718-1725), dimana Bupati Tjiandjoer saat itu Wira Tanoe III mendapatkan perluasan wilayah dari Zwaardecroon dengan syarat adanya pembukaan ladang-ladang kopi baru di wilayah tersebut.[7][8]

Seiring waktu, kawasan sekitar perkebunan kopi di Goenoeng Goeroeh berkembang menjadi beberapa pemukiman kecil, salah-satunya adalah kampung Tjikole. Pada tahun 1776, Bupati Tjiandjoer Wiratanu VI membentuk Kepatihan Tjikole yang merupakan pendahulu dari Kabupaten Sukabumi saat ini. Kepatihan Tjikole terdiri dari enam distrik yaitu Distrik Goenoeng Parang, Tjimahi, Tjiheoelang, Tjitjoeroeg, Djampang Koelon, dan Djampang Tengah. Pusat kepatihannya berada di Tjikole, dikarenakan Tjikole dipandang memiliki lokasi yang sangat strategis untuk komunikasi antara Batavia dan Tjiandjoer yang saat itu merupakan ibu kota dari Karesidenan Priangan.

Nama “Soekaboemi” pertama kali digunakan pada tanggal 13 Januari 1815 dalam catatan arsip Hindia Belanda oleh Andries Christoffel Johannes de Wilde, seorang ahli bedah dan administratur perkebunan kopi dan teh berkebangsaan Belanda (Preanger Planter) yang membuka lahan perkebunan di Kepatihan Tjikole. Dalam laporan surveynya, De Wilde mencantumkan nama Soeka Boemi sebagai tempat ia menginap di Kepatihan Tjikole. De Wilde lalu mengirim surat kepada temannya Nicolaus Engelhard[9] yang menjabat sebagai administrator Hindia Belanda,[10] dimana ia meminta Engelhard untuk mengajukan penggantian nama Kepatihan Tjikole menjadi Kepatihan Soekaboemi kepada Thomas Stamford Raffles, Gubernur Hindia Belanda saat itu.

Terdapat dua pendapat mengenai asal nama Sukabumi yang digunakan oleh De Wilde. Pendapat pertama mengatakan bahwa nama Sukabumi berasal dari kata Bahasa Sunda, yaitu Suka dan Bumen (Menetap) yang bermakna suatu kawasan yang disukai untuk menetap, dikarenakan iklim Sukabumi yang sejuk. Pendapat kedua mengatakan bahwa nama Sukabumi berasal dari kata Bahasa Sanskerta, yaitu Suka (kesenangan, kebahagiaan, kesukaan) dan Bhumi (Bumi, Tanah) sehingga nama Sukabumi memiliki arti “Bumi yang disenangi” atau “Bumi yang disukai”.

De Wilde sendiri lalu menjual kembali tanahnya di Soekaboemi kepada pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1823.[11] Lokasi strategis Soekaboemi diantara Batavia dan Bandoeng dan hasil buminya yang banyak menyumbang pemasukan bagi pemerintah Hindia Belanda merupakan faktor dibangunnya jalur kereta dari Boeitenzorg ke Soekaboemi yang terhubung pada tahun 1882. Jalur yang dibangun oleh perusahaan Staatspoorwagen ini menjadi jantung distribusi dalam pengangkutan hasil bumi seperti teh, kopi, dan kina ke pelabuhan Tandjoeng Priok di Batavia.

Soekaboemi merupakan tempat percetakan surat kabar keturunan Tionghoa pertama di Indonesia yaitu Li Po pada tahun 1901 yang berbahasa Melayu-Tionghoa.

Kotapraja Soekaboemi
Status Soekaboemi sebagai kota sendiri dimulai pada 1 April 1914, dimana pemerintahan Hindia Belanda meresmikan Soekaboemi sebagai Gemeente (Kotapraja) dikarenakan populasi bangsa Eropa yang berdomisili cukup signifikan. Tanggal 1 April dipilih untuk memperingati kemenangan kelompok Geuzen (leluhur bangsa Belanda) dalam merebut kota Brielle dari tangan Spanyol dalam Perang Delapan Puluh Tahun yang terjadi pada 1 April 1572. Pemerintahan kota Soekaboemi sendiri baru terbentuk di pada 1 Mei 1926, dengan burgemeester (wali kota) pertamanya George François Rambonnet. Selama masa terbentuknya Kotapraja sampai ke pendudukan Jepang, terjadi pembangunan Soekaboemi Treinstation (Stasiun Sukabumi), Moskee te Soekaboemi (Masjid Agung), Pinkstergemeente (Gereja Pantekosta), Rooms-katholieke kerk (Gereja Katolik Santo Yoseph), Bethelkerk (Gereja Bethel), Bataksche kerk (HKBP Pasundan), Waterkrachtwerk Oebroeg (PLTA Ubrug), Onderstation Lemboersitoe (Gardu induk Lembursitu), dan Politieschool (Sekolah Pembentukan Perwira Polri).[12][13][14]

Menjelang akhir kekuasaan Hindia Belanda, Sukabumi menjadi tempat tujuan pengasingan bagi beberapa tokoh nasional Indonesia seperti Mohammad Hatta, Sutan Syahrir dan Tjipto Mangoenkoesoemo. Pernah juga diadakan pertemuan diplomatik antara Ichizo Kobayashi sebagai perwakilan dari Jepang dengan Hubertus Johannes van Mook pada Oktober 1940 yang membahas mengenai kerjasama dagang antara Jepang dan Hindia Belanda.[15]

Soekaboemi di era pendudukan Jepang
Di pertengahan masa Perang Dunia Kedua, Kekaisaran Jepang melancarkan serangan ke Hindia Belanda pada 8 Desember 1941, dimana Soekaboemi jatuh ke tangan Jepang pada tanggal 7 Maret 1942. Di masa pendudukan Jepang, Soekaboemi menjadi tempat pertemuan Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir dengan perwakilan Jepang untuk membahas mengenai masa depan Hindia Belanda, namun keduanya malah mendapatkan status sebagai tahanan kota. Soekaboemi juga menjadi salah-satu tempat penahanan tawanan perang dari Amerika Serikat dan Australia di Indonesia.[16][17]

Geografi
Kota Sukabumi terletak pada bagian selatan tengah Jawa Barat serta bagian barat daya dari wilayah Priangan pada koordinat 106° 45’ 50’’ Bujur Timur dan 106° 45’ 10’’ Bujur Timur, 6° 49’ 29’’ Lintang Selatan dan 6° 50’ 44’’ Lintang Selatan, terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang ketinggiannya 584 m di atas permukaan laut, dengan suhu maksimum 29 °C.

Kota ini terletak 120 km sebelah selatan Jakarta dan 96 km sebelah barat Bandung, dan wilayahnya berada di sekitar timur laut wilayah Kabupaten Sukabumi serta secara administratif wilayah kota ini seluruhnya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Sukabumi. Kota Sukabumi secara budaya merupakan bagian dari wilayah Priangan Barat.

Pemerintahan
Wilayah Kota Sukabumi berdasarkan PP No. 3 Tahun 1995 adalah 48,423 km² yang terbagi dalam 5 kecamatan dan 33 kelurahan. Selanjutnya berdasarkan Perda Nomor 15 Tahun 2000 tanggal 27 September 2000, wilayah administrasi Kota Sukabumi mengalami pemekaran menjadi 7 kecamatan dengan 33 kelurahan. Kecamatan Baros dimekarkan menjadi 3 kecamatan yaitu Kecamatan Lembursitu, Kecamatan Baros, dan Kecamatan Cibeureum. Pada tahun 2010 Kota Sukabumi terdiri dari 7 kecamatan, meliputi 33 kelurahan, 350 RW, dan 1.521 RT.

Jasa Kirim Mobil – Kami adalah perusahaan pengiriman mobil ke seluruh Pulau di Indonesia, Sudah berpengalaman kurang lebih selama 10 Tahun lebih dan di dukung oleh tenaga profesional di bidangnyamm dengan armada Mobil Towing 10 mobil dan Car Carrier 3 Mobil serta para driver yang sudah berpengalaman dalam mengirim mobil ke seluruh Indonesia.

Jasa Kirim Mobil
Jasa Kirim Mobil

Di Dunia pengiriman Mobil siapa yang tidak kenal dengan PT. Multi Andalan Sejahtera dengan reputasi nya yang gemilang kami menjadi rekan kerja puluhan perusahaan otomotif , Show Room dan pabrikasi mobil dalam menggunakan Jasa Kirim Mobil kami.

Sehabis tadinya, kami sempat memberikan panduan tentang persiapan saat sebelum kirim mobil ke luar kota serta antar pulau. Kali ini, kami hendak memberikan panduan tentang gimana metode memilah serta memakai jasa ekspedisi kirim mobil. Tidak hanya tujuannya buat memperoleh yang murah, panduan ini pula bermanfaat buat mencari ekspedisi yang nyaman serta terpercaya.

Cara Kirim Mobil Biar Aman
Cara Kirim Mobil Biar Aman

1. Cek jangkauan pengiriman ekspedisi

Tiap ekspedisi mempunyai kapasitas jangkauan pengiriman yang berbeda- beda. Bila Kamu mau berencana kirim mobil ke luar pulau, hingga hendaknya pakai ekspedisi kirim mobil yang sediakan layanan pengiriman lebih luas, misalnya pengiriman mobil dari Jawa ke Kalimantan, Sulawesi, ataupun ke Sumatera.

Pengecekan jangkauan pengiriman pula bermanfaat buat mengecek SOP apa yang digunakan oleh mereka buat melayani pengiriman mobil.

2. Didukung sarana serta fasilitas yang memadai

Sarana penunjang kebutuhan jasa pengiriman mobil bisa berbentuk fitur tracking buat melacak status pengiriman memakai no resi, fitur cek tarif buat mengenali bayaran pengiriman mobil dari serta ke tempat tujuan konsumen.

Walaupun sarana ini tidak harus terdapat pada beberap ekspedisi tetapi bila Kamu memilah mereka yang mempunyai sarana semacam ini hendak lebih tenang serta aman.

Tidak hanya sarana di atas, sarana lain yang bisa jadi opsi merupakan packing mobil, asuransi, serta tenaga pakar bongkar memuat mobil.

3. Seleksi tipe transportasi yang tepat

Umumnya, terdapat 4 tipe tranportasi pengiriman mobil, ialah car carrier, towing, self- driver, serta kontainer.

Car carrier merupakan layanan Kirim Mobil Murah dengan keadaan mobil dikumpulkan jadi satu di dalam truk berdimensi besar. Towing merupakan pengiriman mobil memakai satu truk, umumnya truk engkel ataupun truk cdd, tetapi mobil tidak dicampur dengan kepunyaan orang lain. Kontainer merupakan pengiriman mobil yang ditaruh dalam peti kemas( kontainer), umumnya kirim mobil gunakan kontainer dikhususkan buat mereka yang kirim ke luar pulau ataupun antar provinsi.

4. Seleksi layanan dengan bayaran setimpal budget

Pakai jasa pengiriman port to port bila mau memperoleh bayaran yang lebih murah, serta pakai jasa pengiriman door to door bila mau memperoleh layanan pengiriman yang tidak ribet.

Port to port merupakan layanan pengiriman dari pelabuhan ke pelabuhan. Sebaliknya door to door merupakan layanan pengiriman dari tempat konsumen ke tempat tujuan kemauan konsumen.

5. Perhatikan agenda kirim mobil

Pada hari- hari tertentu, ekspedisi kirim mobil hendak memperoleh jumlah konsumen yang sangat kelewatan( overload), semacam pada hari lebaran, natal, akhir tahun atatu hari besar serta perayaan yang lain. Sangat direkomendasikan buat menjauhi hari- hari semacam itu. Sebab, dengan terdapatnya overload shipping, dikhawatirkan ekspedisi hendak memesatkan proses pengiriman tanpa mencermati mutu layanan.

6. Dampingi petugas ekspedisi

Pada dikala mengajukan proses pengiriman mobil, sangat diajarkan buat mendampingi tenaga pakar yang bertugas pada tiap perinci, semacam packing mobil, bongkar memuat mobil serta pengirimannya.

Mendampingi petugas yang mengirim mobil bisa dicoba dengan memakai no resi buat melacak status keberadaan mobil yang dikirm seara real time.

7. Pakai asuransi pengiriman mobil yang terpercaya

Metode kirim mobil nyaman yang lain merupakan dengan memakai jasa asuransi yang terpercaya, dari ABB, maupun asuransi yang lain. Ekspedisi yang telah berkolaborasi dengan mereka hendak menawarkan Harga Kirim Mobil yang lebih murah kepada Kamu.

8. Cocokan informasi pada pesan jalur pengiriman mobil

Upayakan tiap perinci pada pesan jalur pengiriman mobil terisi setimpal dengan kesepatakan serta keadaan mobil yang hendak Kamu kirim.

9. Seleksi ekspedisi kirim mobil dengan reputasi bagus

Panduan Dikala Menerima Kiriman Mobil
Panduan Dikala Menerima Kiriman Mobil

Kamu bisa memandang mana saja ekspedisi yang mempunyai reputasi bagus serta kurang baik. Reputasi tersebut berbentuk bintang yang tersisipkan di samping nama vendor ekspedisi.

Dimana dapat mencari Ekspedisi Kirim Mobil yang mempunyai layanan setimpal dengan panduan di atas? Jawabannya ada di Website ini

Tadinya, kita telah mengerti betul tentang persiapan serta metode memilah ekspedisi kirim mobil yang murah serta bagus. Saat ini, gimana triknya dikala menerima mobil kiriman?

Pasti perihal ini pula butuh dicermati oleh pelakon pengirim serta penerima mobil. Alasannya, tidak seluruh mobil kiriman sukses dikirim ke tempat tujuan tanpa terdapat kehancuran serta baret.

Berikut merupakan panduan dikala mengalami ekspedisi pengiriman mobil yang mengetuk pintu rumah Kamu.

1. Mintalah dokumentasi mobil yang dikirim

Tadinya, yakinkan terlebih dulu pengirim mobil sudah mempunyai dokumentasi mobil dalam wujud gambar serta checklist( pesan jalur) yang sudah disepakati oleh pihak pengirim serta ekspedisi.

Memakai dokumentasi ini, Kamu bisa melaksanakan pengecekan terhadap segala body, baik bidang dalamnya maupun bidang luar.

2. Klaim asuransi bila terdapat kerusakan

Inilah alibi mengapa kita senantiasa menyarankan kepada Kamu biar memakai jasa asuransi yang terpercaya dikala melaksanakan pengiriman mobil. Tujuannya merupakan buat membuat klaim kehancuran kiriman mobil dengan lebih gampang.

Mintalah kabar kegiatan pada ekspedisi bila memanglah terdapat baret serta kehancuran pada mobil. Mintalah dengan perinci.

3. Luangkan waktu buat mengambil serta menerima mobil

Upayakan waktu yang telah Kamu tentukan buat menerima mobil betul- betul dimanfaatkan, serta jangan amanahkan peluang ini pada orang lain, tercantum satpam Kamu.

Ini merupakan waktu Kamu buat mengecek segala kerusakaan yang mungkin terdapat serta langsung sampaikan pada pihak ekspedisi serta pengirim.

Paling utama bila layanan yang digunakan merupakan jasa pengiriman port to port, hingga Kamu wajib mengambilnya di pelabuhan ataupun halte terdekat dari kota Kamu.

Telah siap buat Kirim Mobil ?

Beri ketahui owner mobilnya tentang kami, bagaikan jasa pengiriman mobil murah serta bagus di Indonesia. Dapatkah layanan dari tenaga pakar professional

Mengapa Kamu mau kirim mobil hingga ke luar kota, apalagi antar pulau? Kamu telah pindah rumah ataupun memperoleh pekerjaan di kota baru, serta mau memakai mobilnya disitu?

Wajib nyaman dong dikala mobilnya dikirim?

Ekspedisi pengiriman mobil murah serta aman

Apa saja persiapan serta panduan saat sebelum mengirim mobil ke luar kota serta antar pulau? Ikuti seluruh pada postingan di dasar ini.

1. Amankan benda yang terdapat di dalam mobil

Siapkan pulpen, kertas serta camera( dapat gunakan hp) buat mencatat segala keadaan benda yang terdapat di dalam mobil, semacam audio, tablet, pendingin, speedometer, jok mobil, setir, pedal maupun yang yang lain. Apabila butuh, keluarkan seluruh benda serta harta individu yang terdapat di dalam mobil, umumnya semacam laptop, pakaian, perhiasan, duit serta yang lain.

2. Mencuci mobil hingga bersih

Mobil ingin dikirim kok wajib dicuci? Tujuannya merupakan buat membenarkan segala body mobil ataupun bidang luar mobil nampak mana yang baret serta mana yang lembut.

3. Dokumentasikan eskterior mobil dalam wujud foto

Sehabis mobil dicuci hingga bersih, langkah berikutnya merupakan mendokumentasikannya dalam wujud gambar. Yakinkan tidak terdapat bagian bidang luar yang terlampaui. Tujuannya merupakan buat membenarkan sehabis mobil dikirim ke tempat tujuan, tidak terdapat kehancuran bonus yang lain.

4. Cek keadaan segala mesin

Mobil Kamu hendak menempuh ekspedisi yang jauh, apalagi sangat jauh. Yakinkan keadaan mesin dalam kondisi baik, mulai dari karburator sampai mesin- mesin berarti yang lain. Jangan hingga mobil mogok di tengah ekspedisi.

5. Sesuaikan alarm mobil( Hidup/ Mati)

Bila Kamu mau kirim mobil memakai ekspedisi serta layanan tidak hanya self driver, hingga hendaknya alarm dinon- aktifkan. Sebab, tidak seluruh supir/ pengemudi truk pengirim mobil ketahui gimana triknya buat mematikan alarm mobil bagus Kamu.

6. Lepas komponen bidang luar buat menjauhi kehancuran serta lecet

Ingin gunakan Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau ? Hendaknya lepas terlebih dulu komponen mobil yang dapat dilepas pada bagian bidang luarnya, semacam spoiler, spion serta yang yang lain. Buat jaga- jaga, khawatir terdapat yang baret dikala mobil dikirim.

7. Salin berkas serta dokumen mobil

Bila Kamu mau memakai ekspedisi pengiriman mobil, hingga Kamu diharuskan buat menyerahkan berkas STNK ataupun BPKB mobil yang asli. Lekas salin dokumen tersebut saat sebelum dokumen yang asli diserahkan.

8. Cek seluruh cairan mobil

Iktikad dari cairan mobil merupakan seluruh tentang keadaan yang menampung bahan bakar, semacam aki serta bensin. Saat sebelum melaksanakan pengiriman mobil, keduanya wajib dalam kondisi tidak goyang serta tidak bocor.

9. Isilah bahan bakar secukupnya

Bila mau memakai jasa self driver, hingga isilah bahan bakar hingga penuh. Tetapi, bila mau kirim mobil gunakan towing serta car carrier, isilah bahan bakar seperlunya saja– jangan sangat penuh serta jangan sangat kosong. Jika penuh, khawatir meledak serta dibakar.

Kota Jasa Kirim Mobil Yang Kami Support

ACEH , ASAHAN , AEK KANOPAN , AMBON , AMUNTAI , ANYER , ATAMBUA , BIREUN , BAGAN SIAPI API , BENGKALIS , BATAM , BAGAN BATU , BATU RAJA , BATU SANGKAR , BUKIT TINGGI , BALIGE , BINJAI , BRASTAGI , BENGKULU , BANDAR LAMPUNG , BANGKA , BELITUNG , BANDAR JAYA , BATANG HARI , BALARAJA , BOJONEGARA , BANJARNEGARA , BANYUMAS , BATANG , BLORA , BOYOLALI , BREBES , BANTUL , BANDUNG , BANJAR , BANJARAN , BEKASI , BOGOR , BANGKALAN , BANYUWANGI , BLITAR , BOJONEGORO , BONDOWOSO , BALI , BIMA , BIAK , BALANGAN , BANJARMASIN , BANJARBARU , BARABAI , BATU LICIN , BULUNGAN , BUNTOK , BALIKPAPAN , BERAU , BONTANG , BAU BAU , BITUNG , BANTANG , BERAW , BULUKUMBA , BONE , CURUP , CILEGON , CIUJUNG , CILACAP , CIAMIS , CIANJUR , CIAWI , CIBADAK , CIBINONG , CIBITUNG , CIKAMPEK , CIKARANG , CILEUNYI , CIMAHI , CIPANAS , CIREBON , DUMAI , DURI , DAIRI , DELI SERDANG , DEMAK , DEPOK , ENDE , ENREKANG , FLORES , GUNUNG SITOLI , GROBOGAN , GARUT , GRESIK , GORONTALO , GOWA , GERUNG , INDRAMAYU , JAMBI , JEPARA , JEMBER , JOMBANG , JAYAPURA , JENEPONCO , KUTACANE , KAMPAR , KARIMUN , KEP. MERANTI , KUANTAN SINGINGI , KABAN JAE , KALIANDA , KOTA BUMI , KUARA TUNGGAL , KARANG ANYAR , KEBUMEN , KENDAL , KLATEN , KUDUS , KARAWANG , KUNINGAN , KEDIRI , KUPANG , KETAPANG , KANDANGAN , KOTA BARU , KASONGAN , KUALA KAPUAS , KUALA KURUN , KUALA PAMBUANG , KENDARI , KOLAKA , LHOKSEUMAWE , LHOKSUKUN , LAHAT , LUBUK LINGGAU , LUBUK PASUNG , LUBUK SIKAPING , LANGKAT , LUBUK PAKAM , LAMPUNG , LANGSA , LEBAK , LASEM , LAMONGAN , LUMAJANG , LAMANDAU , LUWUK , MEULABOH , MUARA ENIM , MEDAN , MUKO MUKO , METRO , MUARA BUNGO , MERAK , MAGELANG , MAJALAYA , MAJALENGKA , MADIUN , MAGETAN , MALANG , MOJOKERTO , MATARAM , MAUMERE , MANOKWARI , MARABAHAN , MARTAPURA , MALINAU , MUARA TEWEH , MALAK , MUARA KAMAN , MAJENE , MAMUJU , MANADO , MAKALE , MAKASSAR , MASAMBA , MALILI , MAROS , NGANJUK , NGAWI , NABIRE , NUNUKAN , OGAN ILIR , PASIR PANGALIRAN , PEKANBARU , PELALAWAN , PAGAR ALAM , PALEMBANG , PANGKALAN BALAI , PRABU MULIN , PADANG , PADANG PANJANG , PADANG PARIAMAN , PAINAN , PARIAMAN , PAYA KUMBUH , PADANG SIDEMPUAN , PEMATANG SIANTAR , PANGKAL PINANG , PRING SEWU , PANDEGLANG , RANGKAS BITUNG , PATI , PEKALONGAN , PEMALANG , PURBALINGGA , PURWODADI , PURWOKERTO , PURWOREJO , PADALARANG , PEMANUKAN , PANGANDARAN , PELABUHAN RATU , PUNCAK , PURWAKARTA , PACITAN , PEMEKASAN , PASURUAN , PONOROGO , PROBOLINGGO , PRAYA , PONTIANAK , PUTU SIBAU , PARINGIN , PALANGKARAYA , PANGKALAN BUN , PULANG PISAU , PURUK CAHU , PANAJAM , PASER , POLEWALI , PALU , POSO , PALOPO , PANGKA JENE , PARE PARE , PINRANG , RENGAT , RATAU PRAPAT , REMBANG , RANCAEKEK , RANTAU , RAHA , SABANG , SIGLI , SINGKIL , SIAK , SEKAYU , SAWAH LUNTO , SIJUNJUNG , SIMPANG EMPAT , SOLOK , SIBOLGA , SIDIKALANG , SUNGAI LIAT , SUNGAI PELUH , SURO LANGUN , SUNGAI LILIN , SERANG , SERPONG , SALATIGA , SEMARANG , SLAWI , SOLO , SRAGEN , SUKOHARJO , SLEMAN , SINGAPARNA , SOREANG , SUBANG , SUKABUMI , SUMEDANG , SAMPANG , SIDOARJO , SITUBONDO , SUMENEP , SURABAYA , SELONG , SUMBAWA , SUMBA , SORONG , SERUI , SANGGAU , SINGKAWANG , SINTANG , SAMPIT , SUKAMARA , SAMARINDA , SANGGATA , SANGA SANGA , SINJAI , SUNGGU MINASA , SELAYAR , TAKENGAN , TAPAKTUAN , TAN. BALAI KARIMUN , TANJUNG PINANG , TEBING TINGGI , TAN.BALAI ASAHAN , TAPANULI UTARA , TARUTUNG , TEBING TINGGI (su) , TANJUNG PANDAN , TULANG BAWANG , TANGERANG , TEGAL , TEMANGGUNG , TASIKMALAYA , TRENGGALEK , TUBAN , TULUNGAGUNG , TANJUNG , TAMBOLAKA , TIMIKA , TERNATE , TABALONG , TANJUNG , TANJUNG SELOR , TARAKAN , TAMIANG LAYANG , TANJUNG REDEP , TENGGARONG , TANAH GROGOT , TAHUNA , TAKALAR , UJUNG BERUNG , WONOGIRI , WONOSOBO , WONOSARI , WATES , WARU , WAIKABUBAK , WAINGAPU , WAHAU , WAU WAU , WAJO , WATANG PONE , WATAN SOPPEN , YOGYAKARTA ,

Sumber Google

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hello
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by