JASA KIRIM MOBIL WAIKABUBAK DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL WAIKABUBAK DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL WAIKABUBAK – Kota Waikabubak adalah kecamatan dan merupakan ibu kota Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Waikabubak merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumba setelah Waingapu, Kabupaten Sumba Timur

Pasar Wai Liang
Pasar Wai Liang merupakan menjual barang untuk oleh-oleh khas Sumba berupa gelang, kalung, bahan tenun, madu lebah putih, madu tawon sumbawa, hingga pakaian daerah Sumba. Kain tenun dijual dengan kisaran harga Rp250 ribu hingga Rp10 juta. Sementara syal tenun dapat diperoleh dengan harga Rp50 ribu. Jika ingin membeli madu, wisatawan harus menyediakan uang senilai Rp60ribu hingga Rp100ribu untuk mendapat minuman tersebut.

Lapangan Waikabubak
Lapangan ini terletak tepat di tengah-tengah kota, dan bentuknya menyerupai alun-alun seperti umum ditemui di kota-kota pada Pulau Jawa. Berbagai macam kuliner dijual di lapangan Waikabubak. Namun, tak ada makanan khas yang dijual, karena mayoritas pedagang di sini berasal dari luar Sumba Barat. Setelah makan, wisatawan juga dapat mengambil foto di sekitar Lapangan Waikabubak dengan latar belakang tulisan ‘Waikabubak’ dan tugu patung pendekar menaiki kuda di perempatan jalan.

Dalam tahun ini, kota Waikabubak, tercatat sebagai salah satu dari tiga kota kecil di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang diberi rapor merah. Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat ini dinilai dengan predikat “Kota Kecil Terkotor”.

Hal ini berarti bahwa tiga kota kecil lainnya di daratan Pulau Sumba yaitu Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur dan Waibakul, ibu kota Kabupaten Sumba Tengah, relatif lebih bersih. Ya sekurang-kurangnya kurang kotor.

Kota di Tengah Kampung Adat dan Sawah
Untuk ukuran Pulau Sumba, secara geografis, Waikabubak terletak di dataran tinggi. Bisa dibilang termasuk daerah pedalaman. Jauh dari pesisir pantai. Cukup sejuk pada siang hari, tapi dingin pada saat pagi, sore dan malam hari.

Waikabubak, tiga dekade lebih yang lalu, adalah pusat pemerintahan dan perdagangan (pertokoan dan pasar) serta perhotelan dan rumah makan. Tapi kini, Waikabubak adalah pusat perdagangan, perhotelan dan rumah makan. Sedangkan pusat pemerintahan kabupatennya dan pasar inpres berada di daerah Weekarou.

Kota Waikabubak ini memang unik. Ia berada di tengah-tengah kampung adat, seperti Tarung, Lete Malona, Tarona, Jaga Ngara, Praiijing dan lain-lain. Ia juga berada di tengah-tengah daerah persawahan.
Posisinya yang demikian ini merupakan tantangan dan kesulitan tersendiri bagi pemerintah setempat untuk melakukan penataan terhadap kota tersebut. Misalnya, di pinggir jalan umum wilayah kota masih tampak kubur-kubur megalit.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CEK HARGA VIA WA