JASA KIRIM MOBIL MEDAN DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL MEDAN DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL MEDAN – Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, serta kota terbesar di luar Pulau Jawa.[4][5][6] Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia. Akses dari pusat kota menuju pelabuhan dan bandara dilengkapi oleh jalan tol dan kereta api. Medan adalah kota pertama di Indonesia yang mengintegrasikan bandara dengan kereta api. Berbatasan dengan Selat Malaka menjadikan Medan kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia.

Medan berawal dari sebuah kampung yang didirikan oleh Guru Patimpus di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura. Hari jadi Kota Medan ditetapkan pada tanggal 1 Juli 1590. Selanjutnya pada tahun 1632, Medan dijadikan pusat pemerintahan Kesultanan Deli, sebuah kerajaan Melayu. Bangsa Eropa mulai menemukan Medan sejak kedatangan John Anderson dari Inggris pada tahun 1823. Peradaban di Medan terus berkembang hingga Pemerintah Hindia Belanda memberikan status kota dan menjadikannya pusat pemerintahan Karesidenan Sumatra Timur. Memasuki abad ke-20, Medan menjadi kota yang penting di luar Jawa, terutama setelah pemerintah kolonial membuka perusahaan perkebunan secara besar-besaran.

Menurut Bappenas, Medan adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Jakarta, Surabaya, dan Makassar.[7][8] Medan adalah kota multietnis yang mana penduduknya terdiri dari orang-orang dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda. Selain Melayu dan Karo sebagai penghuni awal, Medan didominasi oleh etnis Jawa, Batak, Tionghoa, Mandailing, dan India. Mayoritas penduduk Medan bekerja di sektor perdagangan, sehingga banyak ditemukan ruko di berbagai sudut kota. Di samping kantor-kantor pemerintah provinsi, di Medan juga terdapat kantor-kantor konsulat dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, dan Jerman.

Medan berasal dari kata bahasa Tamil Maidhan atau Maidhanam, yang berarti tanah lapang atau tempat yang luas, yang kemudian teradopsi ke Bahasa Melayu.

Hari jadi Kota Medan diperingati tiap tahun sejak tahun 1970 yang pada mulanya ditetapkan pada tanggal 1 April 1909. Tanggal ini kemudian mendapat bantahan yang cukup keras dari kalangan pers dan beberapa ahli sejarah. Karena itu, Wali kota membentuk panitia sejarah hari jadi Kota Medan untuk melakukan penelitian dan penyelidikan. Surat Keputusan Wali kotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No. 342 tanggal 25 Mei 1971 yang waktu itu dijabat oleh Drs. Sjoerkani membentuk Panitia Peneliti Hari Jadi Kota Medan. Duduk sebagai Ketua adalah Prof. Mahadi, SH, Sekretaris Syahruddin Siwan, MA, Anggotanya antara lain Ny. Mariam Darus, SH dan T.Luckman, SH. Untuk lebih mengintensifkan kegiatan kepanitiaan ini dikeluarkan lagi Surat Keputusan Wali kotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No.618 tanggal 28 Oktober 1971 tentang Pembentukan Panitia Penyusun Sejarah Kota Medan dengan Ketuanya Prof.Mahadi, SH, Sekretaris Syahruddin Siwan, MA dan Anggotanya H. Mohammad Said, Dada Meuraxa, Letkol. Nas Sebayang, Nasir Tim Sutannaga, M.Solly Lubis, SH, Drs.Payung Bangun, MA dan R. Muslim Akbar. DPRD Medan sepenuhnya mendukung kegiatan kepanitiaan ini sehingga merekapun membentuk Pansus dengan ketua M.A. Harahap, beranggotakan antara lain Drs. M.Hasan Ginting, Ny. Djanius Djamin SH., Badar Kamil, BA dan Mas Sutarjo.

Dalam buku The History of Medan tulisan Tengku Luckman Sinar (1991), dituliskan bahwa menurut “Hikayat Aceh”, Medan sebagai pelabuhan telah ada pada tahun 1590, dan sempat dihancurkan selama serangan Sultan Aceh Alauddin Saidi Mukammil kepada Raja Haru yang berkuasa di situ. Serangan serupa dilakukan Sultan Iskandar Muda tahun 1613, terhadap Kesultanan Deli. Sejak akhir abad ke-16, nama Haru berubah menjadi Ghuri, dan akhirnya pada awal abad ke-17 menjadi Deli. Pertempuran terus-menerus antara Haru dengan Aceh mengakibatkan penduduk Haru jauh berkurang. Sebagai daerah taklukan, banyak warganya yang dipindahkan ke Aceh untuk dijadikan pekerja kasar.

Selain dengan Aceh, Kerajaan Haru yang makmur ini juga tercatat sering terlibat pertempuran dengan Kerajaan Melayu di Semenanjung Malaka dan juga dengan kerajaan dari Jawa. Serangan dari Pulau Jawa ini antara lain tercatat dalam kitab Pararaton yang dikenal dengan Ekspedisi Pamalayu. Dalam Negarakertagama, Mpu Prapanca juga menuliskan bahwa selain Pane (Panai), Majapahit juga menaklukkan Kampe (Kampai) dan Harw (Haru). Berkurangnya penduduk daerah pantai timur Sumatra akibat berbagai perang ini, lalu diikuti dengan mulai mengalirnya suku-suku dari dataran tinggi pedalaman turun ke pesisir pantai timur Sumatra. Suku Karo bermigrasi ke daerah pantai Langkat, Serdang, dan Deli. Suku Simalungun ke daerah pantai Batubara dan Asahan, serta suku Mandailing ke daerah pantai Kualuh, Kota Pinang, Panai, dan Bilah.[9]

Dalam Riwayat Hamparan Perak yang dokumen aslinya ditulis dalam huruf Karo pada rangkaian bilah bambu, tercatat Guru Patimpus, tokoh masyarakat Karo, sebagai orang yang pertama kali membuka “desa” yang diberi nama Medan. Namun, naskah asli Riwayat Hamparan Perak yang tersimpan di rumah Datuk Hamparan Perak terakhir telah hangus terbakar ketika terjadi “kerusuhan sosial”, tepatnya tanggal 4 Maret 1946. Patimpus adalah anak Tuan Si Raja Hita, pemimpin Karo yang tinggal di Kampung Pekan (Pakan). Ia menolak menggantikan ayahnya dan lebih tertarik pada ilmu pengetahuan dan mistik, sehingga akhirnya dikenal sebagai Guru Patimpus. Antara tahun 1614-1630 Masehi, ia belajar agama Islam dan diislamkan oleh Datuk Kota Bangun, setelah kalah dalam adu kesaktian. Selanjutnya Guru Patimpus menikah dengan adik Tarigan, pemimpin daerah yang sekarang bernama Pulau Brayan dan membuka Desa Medan yang terletak di antara Sungai Babura dan Sungai Deli. Dia pun lalu memimpin desa tersebut.[9]

Guru Patimpus Sembiring Pelawi pada tahun 1590 kemudian dipandang sebagai pembuka sebuah kampung yang bernama Medan Puteri walaupun sangat minim data tentang Guru Patimpus sebagai pendiri Kota Medan. Karenanya hari jadi ditetapkan berdasarkan perkiraan tanggal 1 Juli 1590 dan diusulkan kepada Wali kota Medan untuk dijadikan sebagai hari jadi Medan dalam bentuk perkampungan, yang kemudian dibawa ke Sidang DPRD Tk.II Medan untuk disahkan. Berdasarkan Sidang DPRD tanggal 10 Januari 1973 ditetapkan bahwa usul tersebut dapat disempurnakan. Sesuai dengan sidang DPRD, Wali kotamadya Kepala Daerah Tingkat II Medan mengeluarkan Surat Keputusan No.74 tanggal 14 Februari 1973 agar Panitia Penyusun Sejarah Kota Medan melanjutkan kegiatannya untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Berdasarkan perumusan yang dilakukan oleh Pansus Hari Jadi Kota Medan yang diketuai oleh M.A.Harahap bulan Maret 1975 bahwa tanggal 1 Juli 1590. Secara resmi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tk.II Medan menetapkan tanggal 1 Juli 1590 sebagai Hari Jadi Kota Medan dan mencabut Hari Ulang Tahun Kota Medan yang diperingati tanggal 1 April setiap tahunnya pada waktu sebelumnya.

Di Kota Medan juga menjadi pusat Kesultanan Melayu Deli, yang sebelumnya adalah Kerajaan Aru. Kesultanan Deli adalah sebuah kesultanan Melayu yang didirikan pada tahun 1632 oleh Tuanku Panglima Gocah Pahlawan di wilayah bernama Tanah Deli (kini Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Indonesia).

John Anderson, orang Eropa asal Inggris yang mengunjungi Deli pada tahun 1833 menemukan sebuah kampung yang bernama Medan. Kampung ini berpenduduk 200 orang dan seorang pemimpin bernama Raja Pulau Berayan sudah sejak beberapa tahun bermukim disana untuk menarik pajak dari sampan-sampan pengangkut lada yang menuruni sungai. Pada tahun 1886, Medan secara resmi memperoleh status sebagai kota, dan tahun berikutnya menjadi ibu kota Karesidenan Sumatra Timur sekaligus ibu kota Kesultanan Deli. Tahun 1909, Medan menjadi kota yang penting di luar Jawa, terutama setelah pemerintah kolonial membuka perusahaan perkebunan secara besar-besaran. Dewan kota yang pertama terdiri dari 12 anggota orang Eropa, dua orang bumiputra Melayu, dan seorang Tionghoa.

Di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 terdapat dua gelombang migrasi besar ke Medan. Gelombang pertama berupa kedatangan orang Tionghoa dan Jawa sebagai kuli kontrak perkebunan. Tetapi setelah tahun 1880 perusahaan perkebunan berhenti mendatangkan orang Tionghoa, karena sebagian besar dari mereka lari meninggalkan kebun dan sering melakukan kerusuhan. Perusahaan kemudian sepenuhnya mendatangkan orang Jawa sebagai kuli perkebunan. Orang-orang Tionghoa bekas buruh perkebunan kemudian didorong untuk mengembangkan sektor perdagangan. Gelombang kedua ialah kedatangan orang Minangkabau, Mandailing dan Aceh. Mereka datang ke Medan bukan untuk bekerja sebagai buruh perkebunan, tetapi untuk berdagang, menjadi guru dan ulama.

Sejak tahun 1950, Medan telah beberapa kali melakukan perluasan areal, dari 1.853 ha menjadi 26.510 ha pada tahun 1974. Dengan demikian dalam tempo 25 tahun setelah penyerahan kedaulatan, kota Medan telah bertambah luas hampir delapan belas kali lipat.

Jasa Kirim Mobil – Kami adalah perusahaan pengiriman mobil ke seluruh Pulau di Indonesia, Sudah berpengalaman kurang lebih selama 10 Tahun lebih dan di dukung oleh tenaga profesional di bidangnyamm dengan armada Mobil Towing 10 mobil dan Car Carrier 3 Mobil serta para driver yang sudah berpengalaman dalam mengirim mobil ke seluruh Indonesia.

Jasa Kirim Mobil
Jasa Kirim Mobil

Di Dunia pengiriman Mobil siapa yang tidak kenal dengan PT. Multi Andalan Sejahtera dengan reputasi nya yang gemilang kami menjadi rekan kerja puluhan perusahaan otomotif , Show Room dan pabrikasi mobil dalam menggunakan Jasa Kirim Mobil kami.

Sehabis tadinya, kami sempat memberikan panduan tentang persiapan saat sebelum kirim mobil ke luar kota serta antar pulau. Kali ini, kami hendak memberikan panduan tentang gimana metode memilah serta memakai jasa ekspedisi kirim mobil. Tidak hanya tujuannya buat memperoleh yang murah, panduan ini pula bermanfaat buat mencari ekspedisi yang nyaman serta terpercaya.

Cara Kirim Mobil Biar Aman
Cara Kirim Mobil Biar Aman

1. Cek jangkauan pengiriman ekspedisi

Tiap ekspedisi mempunyai kapasitas jangkauan pengiriman yang berbeda- beda. Bila Kamu mau berencana kirim mobil ke luar pulau, hingga hendaknya pakai ekspedisi kirim mobil yang sediakan layanan pengiriman lebih luas, misalnya pengiriman mobil dari Jawa ke Kalimantan, Sulawesi, ataupun ke Sumatera.

Pengecekan jangkauan pengiriman pula bermanfaat buat mengecek SOP apa yang digunakan oleh mereka buat melayani pengiriman mobil.

2. Didukung sarana serta fasilitas yang memadai

Sarana penunjang kebutuhan jasa pengiriman mobil bisa berbentuk fitur tracking buat melacak status pengiriman memakai no resi, fitur cek tarif buat mengenali bayaran pengiriman mobil dari serta ke tempat tujuan konsumen.

Walaupun sarana ini tidak harus terdapat pada beberap ekspedisi tetapi bila Kamu memilah mereka yang mempunyai sarana semacam ini hendak lebih tenang serta aman.

Tidak hanya sarana di atas, sarana lain yang bisa jadi opsi merupakan packing mobil, asuransi, serta tenaga pakar bongkar memuat mobil.

3. Seleksi tipe transportasi yang tepat

Umumnya, terdapat 4 tipe tranportasi pengiriman mobil, ialah car carrier, towing, self- driver, serta kontainer.

Car carrier merupakan layanan Kirim Mobil Murah dengan keadaan mobil dikumpulkan jadi satu di dalam truk berdimensi besar. Towing merupakan pengiriman mobil memakai satu truk, umumnya truk engkel ataupun truk cdd, tetapi mobil tidak dicampur dengan kepunyaan orang lain. Kontainer merupakan pengiriman mobil yang ditaruh dalam peti kemas( kontainer), umumnya kirim mobil gunakan kontainer dikhususkan buat mereka yang kirim ke luar pulau ataupun antar provinsi.

4. Seleksi layanan dengan bayaran setimpal budget

Pakai jasa pengiriman port to port bila mau memperoleh bayaran yang lebih murah, serta pakai jasa pengiriman door to door bila mau memperoleh layanan pengiriman yang tidak ribet.

Port to port merupakan layanan pengiriman dari pelabuhan ke pelabuhan. Sebaliknya door to door merupakan layanan pengiriman dari tempat konsumen ke tempat tujuan kemauan konsumen.

5. Perhatikan agenda kirim mobil

Pada hari- hari tertentu, ekspedisi kirim mobil hendak memperoleh jumlah konsumen yang sangat kelewatan( overload), semacam pada hari lebaran, natal, akhir tahun atatu hari besar serta perayaan yang lain. Sangat direkomendasikan buat menjauhi hari- hari semacam itu. Sebab, dengan terdapatnya overload shipping, dikhawatirkan ekspedisi hendak memesatkan proses pengiriman tanpa mencermati mutu layanan.

6. Dampingi petugas ekspedisi

Pada dikala mengajukan proses pengiriman mobil, sangat diajarkan buat mendampingi tenaga pakar yang bertugas pada tiap perinci, semacam packing mobil, bongkar memuat mobil serta pengirimannya.

Mendampingi petugas yang mengirim mobil bisa dicoba dengan memakai no resi buat melacak status keberadaan mobil yang dikirm seara real time.

7. Pakai asuransi pengiriman mobil yang terpercaya

Metode kirim mobil nyaman yang lain merupakan dengan memakai jasa asuransi yang terpercaya, dari ABB, maupun asuransi yang lain. Ekspedisi yang telah berkolaborasi dengan mereka hendak menawarkan Harga Kirim Mobil yang lebih murah kepada Kamu.

8. Cocokan informasi pada pesan jalur pengiriman mobil

Upayakan tiap perinci pada pesan jalur pengiriman mobil terisi setimpal dengan kesepatakan serta keadaan mobil yang hendak Kamu kirim.

9. Seleksi ekspedisi kirim mobil dengan reputasi bagus

Panduan Dikala Menerima Kiriman Mobil
Panduan Dikala Menerima Kiriman Mobil

Kamu bisa memandang mana saja ekspedisi yang mempunyai reputasi bagus serta kurang baik. Reputasi tersebut berbentuk bintang yang tersisipkan di samping nama vendor ekspedisi.

Dimana dapat mencari Ekspedisi Kirim Mobil yang mempunyai layanan setimpal dengan panduan di atas? Jawabannya ada di Website ini

Tadinya, kita telah mengerti betul tentang persiapan serta metode memilah ekspedisi kirim mobil yang murah serta bagus. Saat ini, gimana triknya dikala menerima mobil kiriman?

Pasti perihal ini pula butuh dicermati oleh pelakon pengirim serta penerima mobil. Alasannya, tidak seluruh mobil kiriman sukses dikirim ke tempat tujuan tanpa terdapat kehancuran serta baret.

Berikut merupakan panduan dikala mengalami ekspedisi pengiriman mobil yang mengetuk pintu rumah Kamu.

1. Mintalah dokumentasi mobil yang dikirim

Tadinya, yakinkan terlebih dulu pengirim mobil sudah mempunyai dokumentasi mobil dalam wujud gambar serta checklist( pesan jalur) yang sudah disepakati oleh pihak pengirim serta ekspedisi.

Memakai dokumentasi ini, Kamu bisa melaksanakan pengecekan terhadap segala body, baik bidang dalamnya maupun bidang luar.

2. Klaim asuransi bila terdapat kerusakan

Inilah alibi mengapa kita senantiasa menyarankan kepada Kamu biar memakai jasa asuransi yang terpercaya dikala melaksanakan pengiriman mobil. Tujuannya merupakan buat membuat klaim kehancuran kiriman mobil dengan lebih gampang.

Mintalah kabar kegiatan pada ekspedisi bila memanglah terdapat baret serta kehancuran pada mobil. Mintalah dengan perinci.

3. Luangkan waktu buat mengambil serta menerima mobil

Upayakan waktu yang telah Kamu tentukan buat menerima mobil betul- betul dimanfaatkan, serta jangan amanahkan peluang ini pada orang lain, tercantum satpam Kamu.

Ini merupakan waktu Kamu buat mengecek segala kerusakaan yang mungkin terdapat serta langsung sampaikan pada pihak ekspedisi serta pengirim.

Paling utama bila layanan yang digunakan merupakan jasa pengiriman port to port, hingga Kamu wajib mengambilnya di pelabuhan ataupun halte terdekat dari kota Kamu.

Telah siap buat Kirim Mobil ?

Beri ketahui owner mobilnya tentang kami, bagaikan jasa pengiriman mobil murah serta bagus di Indonesia. Dapatkah layanan dari tenaga pakar professional

Mengapa Kamu mau kirim mobil hingga ke luar kota, apalagi antar pulau? Kamu telah pindah rumah ataupun memperoleh pekerjaan di kota baru, serta mau memakai mobilnya disitu?

Wajib nyaman dong dikala mobilnya dikirim?

Ekspedisi pengiriman mobil murah serta aman

Apa saja persiapan serta panduan saat sebelum mengirim mobil ke luar kota serta antar pulau? Ikuti seluruh pada postingan di dasar ini.

1. Amankan benda yang terdapat di dalam mobil

Siapkan pulpen, kertas serta camera( dapat gunakan hp) buat mencatat segala keadaan benda yang terdapat di dalam mobil, semacam audio, tablet, pendingin, speedometer, jok mobil, setir, pedal maupun yang yang lain. Apabila butuh, keluarkan seluruh benda serta harta individu yang terdapat di dalam mobil, umumnya semacam laptop, pakaian, perhiasan, duit serta yang lain.

2. Mencuci mobil hingga bersih

Mobil ingin dikirim kok wajib dicuci? Tujuannya merupakan buat membenarkan segala body mobil ataupun bidang luar mobil nampak mana yang baret serta mana yang lembut.

3. Dokumentasikan eskterior mobil dalam wujud foto

Sehabis mobil dicuci hingga bersih, langkah berikutnya merupakan mendokumentasikannya dalam wujud gambar. Yakinkan tidak terdapat bagian bidang luar yang terlampaui. Tujuannya merupakan buat membenarkan sehabis mobil dikirim ke tempat tujuan, tidak terdapat kehancuran bonus yang lain.

4. Cek keadaan segala mesin

Mobil Kamu hendak menempuh ekspedisi yang jauh, apalagi sangat jauh. Yakinkan keadaan mesin dalam kondisi baik, mulai dari karburator sampai mesin- mesin berarti yang lain. Jangan hingga mobil mogok di tengah ekspedisi.

5. Sesuaikan alarm mobil( Hidup/ Mati)

Bila Kamu mau kirim mobil memakai ekspedisi serta layanan tidak hanya self driver, hingga hendaknya alarm dinon- aktifkan. Sebab, tidak seluruh supir/ pengemudi truk pengirim mobil ketahui gimana triknya buat mematikan alarm mobil bagus Kamu.

6. Lepas komponen bidang luar buat menjauhi kehancuran serta lecet

Ingin gunakan Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau ? Hendaknya lepas terlebih dulu komponen mobil yang dapat dilepas pada bagian bidang luarnya, semacam spoiler, spion serta yang yang lain. Buat jaga- jaga, khawatir terdapat yang baret dikala mobil dikirim.

7. Salin berkas serta dokumen mobil

Bila Kamu mau memakai ekspedisi pengiriman mobil, hingga Kamu diharuskan buat menyerahkan berkas STNK ataupun BPKB mobil yang asli. Lekas salin dokumen tersebut saat sebelum dokumen yang asli diserahkan.

8. Cek seluruh cairan mobil

Iktikad dari cairan mobil merupakan seluruh tentang keadaan yang menampung bahan bakar, semacam aki serta bensin. Saat sebelum melaksanakan pengiriman mobil, keduanya wajib dalam kondisi tidak goyang serta tidak bocor.

9. Isilah bahan bakar secukupnya

Bila mau memakai jasa self driver, hingga isilah bahan bakar hingga penuh. Tetapi, bila mau kirim mobil gunakan towing serta car carrier, isilah bahan bakar seperlunya saja– jangan sangat penuh serta jangan sangat kosong. Jika penuh, khawatir meledak serta dibakar.

Kota Jasa Kirim Mobil Yang Kami Support

ACEH , ASAHAN , AEK KANOPAN , AMBON , AMUNTAI , ANYER , ATAMBUA , BIREUN , BAGAN SIAPI API , BENGKALIS , BATAM , BAGAN BATU , BATU RAJA , BATU SANGKAR , BUKIT TINGGI , BALIGE , BINJAI , BRASTAGI , BENGKULU , BANDAR LAMPUNG , BANGKA , BELITUNG , BANDAR JAYA , BATANG HARI , BALARAJA , BOJONEGARA , BANJARNEGARA , BANYUMAS , BATANG , BLORA , BOYOLALI , BREBES , BANTUL , BANDUNG , BANJAR , BANJARAN , BEKASI , BOGOR , BANGKALAN , BANYUWANGI , BLITAR , BOJONEGORO , BONDOWOSO , BALI , BIMA , BIAK , BALANGAN , BANJARMASIN , BANJARBARU , BARABAI , BATU LICIN , BULUNGAN , BUNTOK , BALIKPAPAN , BERAU , BONTANG , BAU BAU , BITUNG , BANTANG , BERAW , BULUKUMBA , BONE , CURUP , CILEGON , CIUJUNG , CILACAP , CIAMIS , CIANJUR , CIAWI , CIBADAK , CIBINONG , CIBITUNG , CIKAMPEK , CIKARANG , CILEUNYI , CIMAHI , CIPANAS , CIREBON , DUMAI , DURI , DAIRI , DELI SERDANG , DEMAK , DEPOK , ENDE , ENREKANG , FLORES , GUNUNG SITOLI , GROBOGAN , GARUT , GRESIK , GORONTALO , GOWA , GERUNG , INDRAMAYU , JAMBI , JEPARA , JEMBER , JOMBANG , JAYAPURA , JENEPONCO , KUTACANE , KAMPAR , KARIMUN , KEP. MERANTI , KUANTAN SINGINGI , KABAN JAE , KALIANDA , KOTA BUMI , KUARA TUNGGAL , KARANG ANYAR , KEBUMEN , KENDAL , KLATEN , KUDUS , KARAWANG , KUNINGAN , KEDIRI , KUPANG , KETAPANG , KANDANGAN , KOTA BARU , KASONGAN , KUALA KAPUAS , KUALA KURUN , KUALA PAMBUANG , KENDARI , KOLAKA , LHOKSEUMAWE , LHOKSUKUN , LAHAT , LUBUK LINGGAU , LUBUK PASUNG , LUBUK SIKAPING , LANGKAT , LUBUK PAKAM , LAMPUNG , LANGSA , LEBAK , LASEM , LAMONGAN , LUMAJANG , LAMANDAU , LUWUK , MEULABOH , MUARA ENIM , MEDAN , MUKO MUKO , METRO , MUARA BUNGO , MERAK , MAGELANG , MAJALAYA , MAJALENGKA , MADIUN , MAGETAN , MALANG , MOJOKERTO , MATARAM , MAUMERE , MANOKWARI , MARABAHAN , MARTAPURA , MALINAU , MUARA TEWEH , MALAK , MUARA KAMAN , MAJENE , MAMUJU , MANADO , MAKALE , MAKASSAR , MASAMBA , MALILI , MAROS , NGANJUK , NGAWI , NABIRE , NUNUKAN , OGAN ILIR , PASIR PANGALIRAN , PEKANBARU , PELALAWAN , PAGAR ALAM , PALEMBANG , PANGKALAN BALAI , PRABU MULIN , PADANG , PADANG PANJANG , PADANG PARIAMAN , PAINAN , PARIAMAN , PAYA KUMBUH , PADANG SIDEMPUAN , PEMATANG SIANTAR , PANGKAL PINANG , PRING SEWU , PANDEGLANG , RANGKAS BITUNG , PATI , PEKALONGAN , PEMALANG , PURBALINGGA , PURWODADI , PURWOKERTO , PURWOREJO , PADALARANG , PEMANUKAN , PANGANDARAN , PELABUHAN RATU , PUNCAK , PURWAKARTA , PACITAN , PEMEKASAN , PASURUAN , PONOROGO , PROBOLINGGO , PRAYA , PONTIANAK , PUTU SIBAU , PARINGIN , PALANGKARAYA , PANGKALAN BUN , PULANG PISAU , PURUK CAHU , PANAJAM , PASER , POLEWALI , PALU , POSO , PALOPO , PANGKA JENE , PARE PARE , PINRANG , RENGAT , RATAU PRAPAT , REMBANG , RANCAEKEK , RANTAU , RAHA , SABANG , SIGLI , SINGKIL , SIAK , SEKAYU , SAWAH LUNTO , SIJUNJUNG , SIMPANG EMPAT , SOLOK , SIBOLGA , SIDIKALANG , SUNGAI LIAT , SUNGAI PELUH , SURO LANGUN , SUNGAI LILIN , SERANG , SERPONG , SALATIGA , SEMARANG , SLAWI , SOLO , SRAGEN , SUKOHARJO , SLEMAN , SINGAPARNA , SOREANG , SUBANG , SUKABUMI , SUMEDANG , SAMPANG , SIDOARJO , SITUBONDO , SUMENEP , SURABAYA , SELONG , SUMBAWA , SUMBA , SORONG , SERUI , SANGGAU , SINGKAWANG , SINTANG , SAMPIT , SUKAMARA , SAMARINDA , SANGGATA , SANGA SANGA , SINJAI , SUNGGU MINASA , SELAYAR , TAKENGAN , TAPAKTUAN , TAN. BALAI KARIMUN , TANJUNG PINANG , TEBING TINGGI , TAN.BALAI ASAHAN , TAPANULI UTARA , TARUTUNG , TEBING TINGGI (su) , TANJUNG PANDAN , TULANG BAWANG , TANGERANG , TEGAL , TEMANGGUNG , TASIKMALAYA , TRENGGALEK , TUBAN , TULUNGAGUNG , TANJUNG , TAMBOLAKA , TIMIKA , TERNATE , TABALONG , TANJUNG , TANJUNG SELOR , TARAKAN , TAMIANG LAYANG , TANJUNG REDEP , TENGGARONG , TANAH GROGOT , TAHUNA , TAKALAR , UJUNG BERUNG , WONOGIRI , WONOSOBO , WONOSARI , WATES , WARU , WAIKABUBAK , WAINGAPU , WAHAU , WAU WAU , WAJO , WATANG PONE , WATAN SOPPEN , YOGYAKARTA ,

Sumber Google

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hello
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by