JASA KIRIM MOBIL PATI DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL PATI DARI JAKARTA

JASA KIRIM MOBIL PATI – Pati adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Pati. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Rembang di timur, Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan di selatan, serta Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara di barat. Kabupaten ini terkenal dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Pati adalah dataran rendah. Bagian selatan (perbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora) terdapat rangkaian Pegunungan Kapur Utara. Bagian barat laut (perbatasan dengan Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara) berupa perbukitan. Bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Rembang. Sungai terbesar adalah Sungai Juwana, yang bermuara di daerah Juwana.

Ibu kota Kabupaten Pati terletak tengah-tengah wilayah Kabupaten, berada di jalur pantura Semarang-Surabaya, sekitar 75 km sebelah timur Semarang. Jalur ini merupakan jalur ramai yang menunjukkan diri sebagai jalur transit. Jalur melewati Kota Pati ada dua: dalam kota dan jalur lingkar Pati. Kendaraan umum dan besar melalui jalan lingkar Pati. Sementara kendaraan pribadi dapat memilih antara jalan dalam kota yang cukup sempit atau jalur lingkar.

Terdapat sungai besar yaitu Bengawan Silugonggo (Sungai Silugonggo). Saat musim penghujan seringkali sungai ini meluap. Tata kelola sungai ini ditangani oleh Balai Pengelolan Sumber Daya Air (PSDA) Serang Lusi Juana (Seluna)

Sejarah Kabupaten Pati berpangkal dari beberapa gambar yang terdapat pada Lambang Daerah Kabupaten Pati yang sudah disahkan dalam Peraturan Daerah No. 1 Tahun 1971 yaitu gambar yang berupa: “keris rambut pinutung dan kuluk kanigara”. Menurut cerita rakyat yang terdapat juga pada kitab Babat Pati dan kitab Babat lainnya, dua pusaka yaitu “keris rambut pinutung dan kuluk kanigara” merupakan lambang kekuasan dan kekuatan yang juga merupakan simbul kesatuan dan persatuan. Barangsiapa yang memiliki dua pusaka tersebut, akan mampu menguasai dan berkuasa memerintah di Pulau Jawa. Adapun yang memiliki dua pusaka tersebut adalah Raden Sukmayana pembesar dari Majasemi andalan Kadipaten Carangsoka.

Masa Kadipaten Carangsoka (1292 M)
Menjelang akhir abad ke XIII atau sekitar tahun 1292 M, di Pulau Jawa terjadi kekosongan penguasa pemerintahan. Kerajaan Pajajaran mulai runtuh, Kerajaan Singasari surut, sedang Kerajaan Majapahit belum berdiri. Di Pantai utara Pulau Jawa Tengah, sekitar Gunung Muria bagian Timur, muncul penguasa lokal yang mengangkat dirinya sebagai adipati, wilayah kekuasaannya disebut kadipaten.

Ada dua penguasa lokal di wilayah itu yaitu

Penguasa Kadipaten Paranggaruda, Adipatinya bernama Yudhapati, wilayah kekuasaannya meliputi sungai Juwana ke selatan, sampai pegunungan Gamping Utara berbatasan dengan wilayah Kabupaten Grobogan. Mempunyai putra bernama Raden Jasari.
Penguasa Kadipaten Carangsoka, Adipatinya bernama: Puspa Andungjaya, wilayah kekuasaannya meliputi utara sungai Juwana sampai pantai Utara Jawa Tengah bagian timur. Adipati Carangsoka mempunyai seorang putri bernama Rara Rayungwulan
Kedua Kadipaten tersebut hidup rukun dan damai, saling menghormati dan saling menghargai untuk melestarikan kerukunan dan memperkuat tali persaudaraan, kedua adipati tersebut bersepakat untuk mengawinkan putra dan putrinya itu. Utusan Adipati Paranggaruda untuk meminang Rara Rayungwulan telah diterima, namun calon mempelai putri minta bebana agar pada saat pahargyan boja wiwaha daup (resepsi) dimeriahkan dengan pagelaran wayang dengan dalang kondang yang bernama “Sapanyana”.

Untuk memenuhi bebana itu, Adipati Paranggaruda menugaskan penggede kemaguhan bernama Yuyurumpung agul-agul Paranggaruda. Sebelum melaksanakan tugasnya, lebih dulu Yuyurumpung berniat melumpuhkan kewibawaan Kadipaten Carangsoka dengan cara menguasai dua pusaka milik Sukmayana di Majasemi. Dengan bantuan Sondong Majerukn kedua pusaka itu dapat dicurinya namun sebelum dua pusaka itu diserahkan kepada Yuyurumpung, dapat direbut kembali oleh Sondong Makerti dari Wedari. Bahkan Sondong Majeruk tewas dalam perkelahian dengan Sondong Makerti. Dan Pusaka itu diserahkan kembali kepada Raden Sukmayana. Usaha Yuyurumpung untuk menguasai dan memiliki dua pusaka itu gagal.

Walaupun demikian Yuyurumpung tetap melanjutkan tugasnya untuk mencari Dalang Sapanyana agar perkawinan putra Adipati Paranggaruda tidak mangalami kegagalan (berhasil dengan baik).

Pada Malam pahargyan bojana wiwaha (resepsi) perkawinaan dapat diselenggarakan di Kadipaten Carangsoka dengan Pagelaran Wayang Kulit oleh Ki Dalang Sapanyana. Di luar dugaan pahargyan baru saja dimulai, tiba-tiba mempelai putri meninggalkan kursi pelaminan menuju ke panggung dan kemudian melarikan diri bersama Dalang Sapanyana. Pahargyan perkawinan antara ” Raden Jasari ” dan ” Rara Rayungwulan ” gagal total.

Adipati Yudhapati merasa dipermalukan, emosi tak dapat dikendalikan lagi. Sekaligus menyatakan permusuhan terhadap Adipati Carangsoka. Dan peperangan tidak dapat dielakkan. Raden Sukmayana dari Kadipaten Carangsoka memimpin prajurit Carangsoka, mengalami luka parah dan kemudian wafat. Raden Kembangjaya (adik kandung Raden Sukmayana) meneruskan peperangan. Dengan dibantu oleh Dalang Sapanyana, dan yang menggunakan kedua pusaka itu dapat menghancurkan prajurit Paranggaruda. Adipati Paranggaruda, Yudhapati dan putera lelakinya gugur dalam palagan membela kehormatan dan gengsinya.

Oleh Adipati Carangsoka, karena jasanya Raden Kembangjaya dikawinkan dengan Rara Rayungwulan kemudian diangkat menjadi pengganti Carangsoka. Sedang dalang Sapanyana diangkat menjadi patihnya dengan nama ” Singasari “.

Kadipaten Pesantenan
Untuk mengatur pemerintahan yang semakin luas wilayahnya ke bagian selatan, Adipati Raden Kembangjaya memindahkan pusat pemerintahannya dari Carangsoka ke Desa Kemiri dengan mengganti nama ” Kadipaten Pesantenan dengan gelar ” Adipati Jayakusuma di Pesantenan.

Adipati Jayakusuma hanya mempunyai seorang putra tunggal yaitu ” Raden Tambra “. Setelah ayahnya wafat, Raden Tambra diangkat menjadi Adipati Pesantenan, dengan gelar ” Adipati Tambranegara “. Dalam menjalankan tugas pemerintahan Adipati Tambranegara bertindak arif dan bijaksana. Menjadi songsong agung yang sangat memperhatikan nasib rakyatnya, serta menjadi pengayom bagi hamba sahayanya. Kehidupan rakyatnya penuh dengan kerukunan, kedamaian, ketenangan dan kesejahteraannya semakin meningkat.

Kabupaten Pati
Untuk mengembangkan pembangunan dan memajukan pemerintahan di wilayahnya, Adipati Raden Tambranegara memindahkan pusat pemerintahan Kadipaten Pesantenan yang semula berada di desa Kemiri menuju ke arah barat yaitu, di Desa Kaborongan, dan mengganti nama Kadipaten Pesantenan menjadi Kadipaten Pati.

Dalam prasasti Tuhannaru, delapan Lempengan Baja dan bertuliskan huruf Jawa kuno, yang diketemukan di desa Sidateka, wilayah Kabupaten Majakerta yang tersimpan di museum Trowulan. Pada lempengan yang keempat antara lain berbunyi bahwa: ….. Raja Majapahit, Raden Jayanegara menambah gelarnya dengan Abhiseka Wiralanda Gopala pada tanggal 13 Desember 1323 M. Dengan patihnya yang setia dan berani bernama Dyah Malayuda dengan gelar “Rakai”, Pada saat pengumuman itu bersamaan dengan pisuwanan agung yang dihadiri dari Kadipaten pantai utara Jawa Tengah bagian Timur termasuk Raden Tambranegara berada di dalamnya.

Pati bagian Kerajaan Majapahit
Raja Jayanegara dari Majapahit mengakui wilayah kekuasaan para adipati itu dengan memberi status sebagai tanah predikan, dengan syarat bahwa para adipati itu setiap tahun harus menyerahkan Upeti berupa bunga.

Bahwa Adipati Raden Tambranegara juga hadir dalam pisuwanan agung di Majapahit itu terdapat juga dalam Kitab Babad Pati yang disusun oleh K.M. Sosrosumarto dan S. Dibyasudira, diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1980. Halaman 34, Pupuh Dandanggula yang lengkapnya berbunyi:

…Tan alami pajajaran kendhih, keratonnya ing tanah Jawa angalih Majapahite, ingkang jumeneng ratu, Brawijaya ingkang kapih kalih, ya Jaka Pekik wasta, putra Jaka Suruh, Kyai Ageng Pathi nama, Raden Tambranegara sumewa maring Keraton Majalengka.

Artinya Tidak lama kemudian Kerajaan Pajajaran kalah, Kerajaan Tanah Jawa lalu pindah ke Majapahit, adapun yang menjadi rajanya adalah Brawijaya II, yaitu Jaka Pekik namanya, putranya Jaka Suruh. Pada waktu itu Kyai Ageng Pati, yang bernama Tambranegara menghadap ke Majalengka, yaitu Majapahit.

Berdasarkan hal tersebut, jelaslah bahwa Raden Tambranegara Adipati Pati turut serta hadir dalam pisowanan agung di Majapahit. Pisowanan agung yang dihadiri oleh Raden Tambranegara ke Majapahit pada tanggal 13 Desember 1323, maka diperkirakan bahwa pindahnya Kadipaten Pesantenan dari Desa Kemiri ke Desa Kaborongan dan menjadi Kabupaten Pati itu pada bulan Juli dan Agustus 1323 M (Masehi). Ada tiga tanggal yang baik pada bulan Juli dan Agustus 1323 yaitu: 3 Juli, 7 Agustus dan 14 Agustus 1323.

Hari Jadi Pati
Kemudian diadakan seminar pada tanggal 28 September 1993 di Pendopo Kabupaten Pati yang dihadiri oleh para perwakilan lapisan masyarakat Kabupaten Pati, para guru sejarah SMA se Kabupaten Pati, Konsultan, Dosen Fakultas Sastra dan Sejarah UNDIP Semarang, secara musyawarah dan sepakat memutuskan bahwa pada tanggal 7 Agustus 1323 sebagai hari kepindahan Kadipaten Pesantenan di Desa Kemiri ke Desa Kaborongan menjadi Kabupaten Pati.

Tanggai 6 Agustus 1323 sebagai HARI JADI KABUPATEN PATI telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor: 2/1994 tanggal 31 Mei 1994, sehingga menjadi momentum Hari Jadi Kabupaten Pati dengan surya sengkala ” KRIDANE PANEMBAH GEBYARING BUMI ” yang bermakna ” Dengan bekerja keras dan penuh do’a kita gali Bumi Pati untuk meningkatkan kesejahteraan lahiriah dan batiniah “. Untuk itu maka setiap tanggal 6 Agustus 1323 yang ditetapkan dan diperingati sebagai “Hari Jadi Kabupaten Pati“.

Jasa Kirim Mobil – Kami adalah perusahaan pengiriman mobil ke seluruh Pulau di Indonesia, Sudah berpengalaman kurang lebih selama 10 Tahun lebih dan di dukung oleh tenaga profesional di bidangnyamm dengan armada Mobil Towing 10 mobil dan Car Carrier 3 Mobil serta para driver yang sudah berpengalaman dalam mengirim mobil ke seluruh Indonesia.

Jasa Kirim Mobil
Jasa Kirim Mobil

Di Dunia pengiriman Mobil siapa yang tidak kenal dengan PT. Multi Andalan Sejahtera dengan reputasi nya yang gemilang kami menjadi rekan kerja puluhan perusahaan otomotif , Show Room dan pabrikasi mobil dalam menggunakan Jasa Kirim Mobil kami.

Sehabis tadinya, kami sempat memberikan panduan tentang persiapan saat sebelum kirim mobil ke luar kota serta antar pulau. Kali ini, kami hendak memberikan panduan tentang gimana metode memilah serta memakai jasa ekspedisi kirim mobil. Tidak hanya tujuannya buat memperoleh yang murah, panduan ini pula bermanfaat buat mencari ekspedisi yang nyaman serta terpercaya.

Cara Kirim Mobil Biar Aman
Cara Kirim Mobil Biar Aman

1. Cek jangkauan pengiriman ekspedisi

Tiap ekspedisi mempunyai kapasitas jangkauan pengiriman yang berbeda- beda. Bila Kamu mau berencana kirim mobil ke luar pulau, hingga hendaknya pakai ekspedisi kirim mobil yang sediakan layanan pengiriman lebih luas, misalnya pengiriman mobil dari Jawa ke Kalimantan, Sulawesi, ataupun ke Sumatera.

Pengecekan jangkauan pengiriman pula bermanfaat buat mengecek SOP apa yang digunakan oleh mereka buat melayani pengiriman mobil.

2. Didukung sarana serta fasilitas yang memadai

Sarana penunjang kebutuhan jasa pengiriman mobil bisa berbentuk fitur tracking buat melacak status pengiriman memakai no resi, fitur cek tarif buat mengenali bayaran pengiriman mobil dari serta ke tempat tujuan konsumen.

Walaupun sarana ini tidak harus terdapat pada beberap ekspedisi tetapi bila Kamu memilah mereka yang mempunyai sarana semacam ini hendak lebih tenang serta aman.

Tidak hanya sarana di atas, sarana lain yang bisa jadi opsi merupakan packing mobil, asuransi, serta tenaga pakar bongkar memuat mobil.

3. Seleksi tipe transportasi yang tepat

Umumnya, terdapat 4 tipe tranportasi pengiriman mobil, ialah car carrier, towing, self- driver, serta kontainer.

Car carrier merupakan layanan Kirim Mobil Murah dengan keadaan mobil dikumpulkan jadi satu di dalam truk berdimensi besar. Towing merupakan pengiriman mobil memakai satu truk, umumnya truk engkel ataupun truk cdd, tetapi mobil tidak dicampur dengan kepunyaan orang lain. Kontainer merupakan pengiriman mobil yang ditaruh dalam peti kemas( kontainer), umumnya kirim mobil gunakan kontainer dikhususkan buat mereka yang kirim ke luar pulau ataupun antar provinsi.

4. Seleksi layanan dengan bayaran setimpal budget

Pakai jasa pengiriman port to port bila mau memperoleh bayaran yang lebih murah, serta pakai jasa pengiriman door to door bila mau memperoleh layanan pengiriman yang tidak ribet.

Port to port merupakan layanan pengiriman dari pelabuhan ke pelabuhan. Sebaliknya door to door merupakan layanan pengiriman dari tempat konsumen ke tempat tujuan kemauan konsumen.

5. Perhatikan agenda kirim mobil

Pada hari- hari tertentu, ekspedisi kirim mobil hendak memperoleh jumlah konsumen yang sangat kelewatan( overload), semacam pada hari lebaran, natal, akhir tahun atatu hari besar serta perayaan yang lain. Sangat direkomendasikan buat menjauhi hari- hari semacam itu. Sebab, dengan terdapatnya overload shipping, dikhawatirkan ekspedisi hendak memesatkan proses pengiriman tanpa mencermati mutu layanan.

6. Dampingi petugas ekspedisi

Pada dikala mengajukan proses pengiriman mobil, sangat diajarkan buat mendampingi tenaga pakar yang bertugas pada tiap perinci, semacam packing mobil, bongkar memuat mobil serta pengirimannya.

Mendampingi petugas yang mengirim mobil bisa dicoba dengan memakai no resi buat melacak status keberadaan mobil yang dikirm seara real time.

7. Pakai asuransi pengiriman mobil yang terpercaya

Metode kirim mobil nyaman yang lain merupakan dengan memakai jasa asuransi yang terpercaya, dari ABB, maupun asuransi yang lain. Ekspedisi yang telah berkolaborasi dengan mereka hendak menawarkan Harga Kirim Mobil yang lebih murah kepada Kamu.

8. Cocokan informasi pada pesan jalur pengiriman mobil

Upayakan tiap perinci pada pesan jalur pengiriman mobil terisi setimpal dengan kesepatakan serta keadaan mobil yang hendak Kamu kirim.

9. Seleksi ekspedisi kirim mobil dengan reputasi bagus

Panduan Dikala Menerima Kiriman Mobil
Panduan Dikala Menerima Kiriman Mobil

Kamu bisa memandang mana saja ekspedisi yang mempunyai reputasi bagus serta kurang baik. Reputasi tersebut berbentuk bintang yang tersisipkan di samping nama vendor ekspedisi.

Dimana dapat mencari Ekspedisi Kirim Mobil yang mempunyai layanan setimpal dengan panduan di atas? Jawabannya ada di Website ini

Tadinya, kita telah mengerti betul tentang persiapan serta metode memilah ekspedisi kirim mobil yang murah serta bagus. Saat ini, gimana triknya dikala menerima mobil kiriman?

Pasti perihal ini pula butuh dicermati oleh pelakon pengirim serta penerima mobil. Alasannya, tidak seluruh mobil kiriman sukses dikirim ke tempat tujuan tanpa terdapat kehancuran serta baret.

Berikut merupakan panduan dikala mengalami ekspedisi pengiriman mobil yang mengetuk pintu rumah Kamu.

1. Mintalah dokumentasi mobil yang dikirim

Tadinya, yakinkan terlebih dulu pengirim mobil sudah mempunyai dokumentasi mobil dalam wujud gambar serta checklist( pesan jalur) yang sudah disepakati oleh pihak pengirim serta ekspedisi.

Memakai dokumentasi ini, Kamu bisa melaksanakan pengecekan terhadap segala body, baik bidang dalamnya maupun bidang luar.

2. Klaim asuransi bila terdapat kerusakan

Inilah alibi mengapa kita senantiasa menyarankan kepada Kamu biar memakai jasa asuransi yang terpercaya dikala melaksanakan pengiriman mobil. Tujuannya merupakan buat membuat klaim kehancuran kiriman mobil dengan lebih gampang.

Mintalah kabar kegiatan pada ekspedisi bila memanglah terdapat baret serta kehancuran pada mobil. Mintalah dengan perinci.

3. Luangkan waktu buat mengambil serta menerima mobil

Upayakan waktu yang telah Kamu tentukan buat menerima mobil betul- betul dimanfaatkan, serta jangan amanahkan peluang ini pada orang lain, tercantum satpam Kamu.

Ini merupakan waktu Kamu buat mengecek segala kerusakaan yang mungkin terdapat serta langsung sampaikan pada pihak ekspedisi serta pengirim.

Paling utama bila layanan yang digunakan merupakan jasa pengiriman port to port, hingga Kamu wajib mengambilnya di pelabuhan ataupun halte terdekat dari kota Kamu.

Telah siap buat Kirim Mobil ?

Beri ketahui owner mobilnya tentang kami, bagaikan jasa pengiriman mobil murah serta bagus di Indonesia. Dapatkah layanan dari tenaga pakar professional

Mengapa Kamu mau kirim mobil hingga ke luar kota, apalagi antar pulau? Kamu telah pindah rumah ataupun memperoleh pekerjaan di kota baru, serta mau memakai mobilnya disitu?

Wajib nyaman dong dikala mobilnya dikirim?

Ekspedisi pengiriman mobil murah serta aman

Apa saja persiapan serta panduan saat sebelum mengirim mobil ke luar kota serta antar pulau? Ikuti seluruh pada postingan di dasar ini.

1. Amankan benda yang terdapat di dalam mobil

Siapkan pulpen, kertas serta camera( dapat gunakan hp) buat mencatat segala keadaan benda yang terdapat di dalam mobil, semacam audio, tablet, pendingin, speedometer, jok mobil, setir, pedal maupun yang yang lain. Apabila butuh, keluarkan seluruh benda serta harta individu yang terdapat di dalam mobil, umumnya semacam laptop, pakaian, perhiasan, duit serta yang lain.

2. Mencuci mobil hingga bersih

Mobil ingin dikirim kok wajib dicuci? Tujuannya merupakan buat membenarkan segala body mobil ataupun bidang luar mobil nampak mana yang baret serta mana yang lembut.

3. Dokumentasikan eskterior mobil dalam wujud foto

Sehabis mobil dicuci hingga bersih, langkah berikutnya merupakan mendokumentasikannya dalam wujud gambar. Yakinkan tidak terdapat bagian bidang luar yang terlampaui. Tujuannya merupakan buat membenarkan sehabis mobil dikirim ke tempat tujuan, tidak terdapat kehancuran bonus yang lain.

4. Cek keadaan segala mesin

Mobil Kamu hendak menempuh ekspedisi yang jauh, apalagi sangat jauh. Yakinkan keadaan mesin dalam kondisi baik, mulai dari karburator sampai mesin- mesin berarti yang lain. Jangan hingga mobil mogok di tengah ekspedisi.

5. Sesuaikan alarm mobil( Hidup/ Mati)

Bila Kamu mau kirim mobil memakai ekspedisi serta layanan tidak hanya self driver, hingga hendaknya alarm dinon- aktifkan. Sebab, tidak seluruh supir/ pengemudi truk pengirim mobil ketahui gimana triknya buat mematikan alarm mobil bagus Kamu.

6. Lepas komponen bidang luar buat menjauhi kehancuran serta lecet

Ingin gunakan Jasa Pengiriman Mobil Antar Pulau ? Hendaknya lepas terlebih dulu komponen mobil yang dapat dilepas pada bagian bidang luarnya, semacam spoiler, spion serta yang yang lain. Buat jaga- jaga, khawatir terdapat yang baret dikala mobil dikirim.

7. Salin berkas serta dokumen mobil

Bila Kamu mau memakai ekspedisi pengiriman mobil, hingga Kamu diharuskan buat menyerahkan berkas STNK ataupun BPKB mobil yang asli. Lekas salin dokumen tersebut saat sebelum dokumen yang asli diserahkan.

8. Cek seluruh cairan mobil

Iktikad dari cairan mobil merupakan seluruh tentang keadaan yang menampung bahan bakar, semacam aki serta bensin. Saat sebelum melaksanakan pengiriman mobil, keduanya wajib dalam kondisi tidak goyang serta tidak bocor.

9. Isilah bahan bakar secukupnya

Bila mau memakai jasa self driver, hingga isilah bahan bakar hingga penuh. Tetapi, bila mau kirim mobil gunakan towing serta car carrier, isilah bahan bakar seperlunya saja– jangan sangat penuh serta jangan sangat kosong. Jika penuh, khawatir meledak serta dibakar.

Kota Jasa Kirim Mobil Yang Kami Support

ACEH , ASAHAN , AEK KANOPAN , AMBON , AMUNTAI , ANYER , ATAMBUA , BIREUN , BAGAN SIAPI API , BENGKALIS , BATAM , BAGAN BATU , BATU RAJA , BATU SANGKAR , BUKIT TINGGI , BALIGE , BINJAI , BRASTAGI , BENGKULU , BANDAR LAMPUNG , BANGKA , BELITUNG , BANDAR JAYA , BATANG HARI , BALARAJA , BOJONEGARA , BANJARNEGARA , BANYUMAS , BATANG , BLORA , BOYOLALI , BREBES , BANTUL , BANDUNG , BANJAR , BANJARAN , BEKASI , BOGOR , BANGKALAN , BANYUWANGI , BLITAR , BOJONEGORO , BONDOWOSO , BALI , BIMA , BIAK , BALANGAN , BANJARMASIN , BANJARBARU , BARABAI , BATU LICIN , BULUNGAN , BUNTOK , BALIKPAPAN , BERAU , BONTANG , BAU BAU , BITUNG , BANTANG , BERAW , BULUKUMBA , BONE , CURUP , CILEGON , CIUJUNG , CILACAP , CIAMIS , CIANJUR , CIAWI , CIBADAK , CIBINONG , CIBITUNG , CIKAMPEK , CIKARANG , CILEUNYI , CIMAHI , CIPANAS , CIREBON , DUMAI , DURI , DAIRI , DELI SERDANG , DEMAK , DEPOK , ENDE , ENREKANG , FLORES , GUNUNG SITOLI , GROBOGAN , GARUT , GRESIK , GORONTALO , GOWA , GERUNG , INDRAMAYU , JAMBI , JEPARA , JEMBER , JOMBANG , JAYAPURA , JENEPONCO , KUTACANE , KAMPAR , KARIMUN , KEP. MERANTI , KUANTAN SINGINGI , KABAN JAE , KALIANDA , KOTA BUMI , KUARA TUNGGAL , KARANG ANYAR , KEBUMEN , KENDAL , KLATEN , KUDUS , KARAWANG , KUNINGAN , KEDIRI , KUPANG , KETAPANG , KANDANGAN , KOTA BARU , KASONGAN , KUALA KAPUAS , KUALA KURUN , KUALA PAMBUANG , KENDARI , KOLAKA , LHOKSEUMAWE , LHOKSUKUN , LAHAT , LUBUK LINGGAU , LUBUK PASUNG , LUBUK SIKAPING , LANGKAT , LUBUK PAKAM , LAMPUNG , LANGSA , LEBAK , LASEM , LAMONGAN , LUMAJANG , LAMANDAU , LUWUK , MEULABOH , MUARA ENIM , MEDAN , MUKO MUKO , METRO , MUARA BUNGO , MERAK , MAGELANG , MAJALAYA , MAJALENGKA , MADIUN , MAGETAN , MALANG , MOJOKERTO , MATARAM , MAUMERE , MANOKWARI , MARABAHAN , MARTAPURA , MALINAU , MUARA TEWEH , MALAK , MUARA KAMAN , MAJENE , MAMUJU , MANADO , MAKALE , MAKASSAR , MASAMBA , MALILI , MAROS , NGANJUK , NGAWI , NABIRE , NUNUKAN , OGAN ILIR , PASIR PANGALIRAN , PEKANBARU , PELALAWAN , PAGAR ALAM , PALEMBANG , PANGKALAN BALAI , PRABU MULIN , PADANG , PADANG PANJANG , PADANG PARIAMAN , PAINAN , PARIAMAN , PAYA KUMBUH , PADANG SIDEMPUAN , PEMATANG SIANTAR , PANGKAL PINANG , PRING SEWU , PANDEGLANG , RANGKAS BITUNG , PATI , PEKALONGAN , PEMALANG , PURBALINGGA , PURWODADI , PURWOKERTO , PURWOREJO , PADALARANG , PEMANUKAN , PANGANDARAN , PELABUHAN RATU , PUNCAK , PURWAKARTA , PACITAN , PEMEKASAN , PASURUAN , PONOROGO , PROBOLINGGO , PRAYA , PONTIANAK , PUTU SIBAU , PARINGIN , PALANGKARAYA , PANGKALAN BUN , PULANG PISAU , PURUK CAHU , PANAJAM , PASER , POLEWALI , PALU , POSO , PALOPO , PANGKA JENE , PARE PARE , PINRANG , RENGAT , RATAU PRAPAT , REMBANG , RANCAEKEK , RANTAU , RAHA , SABANG , SIGLI , SINGKIL , SIAK , SEKAYU , SAWAH LUNTO , SIJUNJUNG , SIMPANG EMPAT , SOLOK , SIBOLGA , SIDIKALANG , SUNGAI LIAT , SUNGAI PELUH , SURO LANGUN , SUNGAI LILIN , SERANG , SERPONG , SALATIGA , SEMARANG , SLAWI , SOLO , SRAGEN , SUKOHARJO , SLEMAN , SINGAPARNA , SOREANG , SUBANG , SUKABUMI , SUMEDANG , SAMPANG , SIDOARJO , SITUBONDO , SUMENEP , SURABAYA , SELONG , SUMBAWA , SUMBA , SORONG , SERUI , SANGGAU , SINGKAWANG , SINTANG , SAMPIT , SUKAMARA , SAMARINDA , SANGGATA , SANGA SANGA , SINJAI , SUNGGU MINASA , SELAYAR , TAKENGAN , TAPAKTUAN , TAN. BALAI KARIMUN , TANJUNG PINANG , TEBING TINGGI , TAN.BALAI ASAHAN , TAPANULI UTARA , TARUTUNG , TEBING TINGGI (su) , TANJUNG PANDAN , TULANG BAWANG , TANGERANG , TEGAL , TEMANGGUNG , TASIKMALAYA , TRENGGALEK , TUBAN , TULUNGAGUNG , TANJUNG , TAMBOLAKA , TIMIKA , TERNATE , TABALONG , TANJUNG , TANJUNG SELOR , TARAKAN , TAMIANG LAYANG , TANJUNG REDEP , TENGGARONG , TANAH GROGOT , TAHUNA , TAKALAR , UJUNG BERUNG , WONOGIRI , WONOSOBO , WONOSARI , WATES , WARU , WAIKABUBAK , WAINGAPU , WAHAU , WAU WAU , WAJO , WATANG PONE , WATAN SOPPEN , YOGYAKARTA ,

Sumber Google

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Hello
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by